Manfaat Media dalam Proses Belajar Siswa

Manfaat media dalam proses belajar siswa - Pada artikel terdahulu sudah dibahas tentang media pembelajaran. Media berperan untuk mengantarkan/menyampaikan pesan informasi kepada siswa. Informasi dalam hal ini adalah sejumlah ilmu dan pengetahuan yang bersumber dari proses belajar yang berlangsung di ruang kelas.

Sering guru berfikir, membicarakan media belajar selalu menyangkut media yang canggih dan mahal. Ketika ditanya oleh pengawas sekolah, guru menjawab media belajar terbatas. Ini merupakan akibat persepsi keliru terhadap media penyampai pesan informasi belajar.

manfaat,media,belajar

Semua yang ada di ruang kelas, benda maupun manusia, bisa dijadikan sebagai media jika yang lebih canggih dan bagus tidak dimiliki sekolah. Apa yang dimiliki guru dari ujung rambut ke ujung kaki, begitu pula siswa, bisa dimanfaatkan sebagai media meskipun dalam bentuk sederhana.  

Contoh, guru atau siswa punya kaca mata? Nah kaca mata itu termasuk media belajar. Papan tulis juga bisa dijadikan media. Guru bisa berkreasi melukis atau menggambar objek sesuatu yang berkaitan dengan materi pelajaran. Begitu seterusnya…Mengapa perlu hal ini dilakukan guru?

Media sangat bermanfaat dalam proses belajar siswa di kelas. Diantara sekian banyak manfaat, berikut ini disajikan beberapa poin saja:

1.Memperjelas informasi belajar sehingga mudah dipahami siswa

Bagian materi pelajaran yang bersifat verbalisme, berisi uraian kalimat dan penjelasan belaka, akan lebih mudah dipahami oleh siswa melalui bantuan gambar, model, tabel, grafik, dan lain sebagainya.

2.Membuat materi pelajaran yang bersifat abstrak menjadi lebih konkrit

Mata pelajaran tertentu mungkin berisi penjelasan abstrak dan susah dicerna oleh fikiran siswa. Dengan bantuan media yang sesuai, siswa akan dapat memahami materi pelajaran tersebut.

3.Menarik minat siswa untuk memahami sesuatu

Media belajar dapat menarik minat siswa. Jika siswa sudah berminat dan termotivasi oleh media, misalnya gambar yang unik, siswa akan mudah menangkap materi pelajaran.

4.Meningkatkan konsentrasi siswa dalam belajar

Media berpotensi untuk mengarahkan konsentrasi belajar anak. Siswa yang semula acuh tak acuh, bisa saja menjadi berkonsentrasi mendengar penjelasan guru.

5.Menjadi hiburan belajar

Penggunaan media belajar akan dapat menjadi bahan penyegaran bagi siswa dalam proses belajar. Misalnya, penggunaan telepon seluler guru untuk memutar lagu-lagu perjuangan, lagu-lagu daerah, dan lain sebagainya.

Demikianlah beberapa manfaat penggunaan media dalam proses belajar siswa di kelas. semoga bermanfaat.

Share this :

12 Responses to "Manfaat Media dalam Proses Belajar Siswa"

  1. Yang penting guru harus kreatif ya mas ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kira-kira begitulah, mas Is...Kreatif mengatasi keterbatasan media belajar siswa. Terima kasih.

      Hapus
    2. Sekarang sekolah juga banyak yang sudah pake audio visual, tapi memang relatif mahal juga

      Hapus
    3. Iya, mas Is...tapi masih banyak sekolah yang belum punya media tersebut. Bahkan, ada yang sudah punya tapi guru belum bisa menggunakannya di ruang kelas...

      Hapus
  2. Selain arahan dan pengajaran yg di berikan..alat media juga sgt berperan ya bang.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mas Pur...media berperan membantu guru dalam memberi arahan dan pengajaran, mas...

      Hapus
  3. Muridnya juga harus kreatif :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Sob. Terima kasih kunjungannya...

      Hapus
  4. Proses belajar mengajar semua itu tergantung kepada si murid dan si guru, walau ada media belajar tapi jika si murid enggan untuk belajar juga tidak akan membawa manfaat apalagi jika ada guru yang juga tidak baik mengajar.

    Proses belajar mengajar memang amat sangat dipengaruhi oleh media, jadi pemerintah kita juga selayaknya dapat lebih memperhatikan semua pendukung, salah satunya tingkatkan budget pendidikan untuk bangsa ini, sehingga ke depannya tidak akan ada alasan media menjadi penghambat proses belajar dan mengajar.

    Terima kasih atas informasinya UDA, sangat bermanfaat , salam sukses

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, terima kasih sobat hengki...Guru, murid dan media harus saling mendukung agar dirasakan manfaatnya untuk mencapai tujuan pembelajaran, ya Sob....

      Hapus
  5. kalau dalam proses belajar di kelas ada media nya, jadi nya lebih mudah dipahami ya mas pak guru :)
    soalnya bisa membantu pemahaman siswa, sehingga tidak timbul salah resepsi eh salah maksudnya salah persepsi atau yang lazim disebut verbalisme :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali, pintar mbak Ririn, ntar dikasih poin 100 gemuk....hehehe...

      Hapus