Manfaat Media dalam Proses Belajar Siswa

Manfaat media dalam proses belajar siswa - Pada artikel terdahulu sudah dibahas tentang media pembelajaran. Media berperan untuk mengantarkan/menyampaikan pesan informasi kepada siswa. Informasi dalam hal ini adalah sejumlah ilmu dan pengetahuan yang bersumber dari proses belajar yang berlangsung di ruang kelas.

Sering guru berfikir, membicarakan media belajar selalu menyangkut media yang canggih dan mahal. Ketika ditanya oleh pengawas sekolah, guru menjawab media belajar terbatas. Ini merupakan akibat persepsi keliru terhadap media penyampai pesan informasi belajar.

manfaat,media,belajar

Semua yang ada di ruang kelas, benda maupun manusia, bisa dijadikan sebagai media jika yang lebih canggih dan bagus tidak dimiliki sekolah. Apa yang dimiliki guru dari ujung rambut ke ujung kaki, begitu pula siswa, bisa dimanfaatkan sebagai media meskipun dalam bentuk sederhana.  

Contoh, guru atau siswa punya kaca mata? Nah kaca mata itu termasuk media belajar. Papan tulis juga bisa dijadikan media. Guru bisa berkreasi melukis atau menggambar objek sesuatu yang berkaitan dengan materi pelajaran. Begitu seterusnya…Mengapa perlu hal ini dilakukan guru?

Media sangat bermanfaat dalam proses belajar siswa di kelas. Diantara sekian banyak manfaat, berikut ini disajikan beberapa poin saja:

1.Memperjelas informasi belajar sehingga mudah dipahami siswa

Bagian materi pelajaran yang bersifat verbalisme, berisi uraian kalimat dan penjelasan belaka, akan lebih mudah dipahami oleh siswa melalui bantuan gambar, model, tabel, grafik, dan lain sebagainya.

2.Membuat materi pelajaran yang bersifat abstrak menjadi lebih konkrit

Mata pelajaran tertentu mungkin berisi penjelasan abstrak dan susah dicerna oleh fikiran siswa. Dengan bantuan media yang sesuai, siswa akan dapat memahami materi pelajaran tersebut.

3.Menarik minat siswa untuk memahami sesuatu

Media belajar dapat menarik minat siswa. Jika siswa sudah berminat dan termotivasi oleh media, misalnya gambar yang unik, siswa akan mudah menangkap materi pelajaran.

4.Meningkatkan konsentrasi siswa dalam belajar

Media berpotensi untuk mengarahkan konsentrasi belajar anak. Siswa yang semula acuh tak acuh, bisa saja menjadi berkonsentrasi mendengar penjelasan guru.

5.Menjadi hiburan belajar

Penggunaan media belajar akan dapat menjadi bahan penyegaran bagi siswa dalam proses belajar. Misalnya, penggunaan telepon seluler guru untuk memutar lagu-lagu perjuangan, lagu-lagu daerah, dan lain sebagainya.

Demikianlah beberapa manfaat penggunaan media dalam proses belajar siswa di kelas. semoga bermanfaat.

0 Response to "Manfaat Media dalam Proses Belajar Siswa"

Posting Komentar