Bagaimana Siswa Menyerap Informasi Belajar?

Bagaimana siswa menyerap informasi belajar? - Sasaran utama kegiatan pembelajaran adalah hasil belajar siswa yang optimal sehingga menjadi miliknya. Artinya, hasil belajar atau informasi belajar yang diperoleh bermanfaat bagi siswa secara kognitif, afektif dan psikomotorik.

Sasaran ini akan tercapai apabila belajar dilakukan oleh siswa, dari siswa dan untuk siswa. Kadar ketercapaian sasaran pembelajaran ini ditentukan oleh kemampuan siswa menyerap atau menerima berbagai informasi tersebut

Seperti diketahui, kemampuan menyerap informasi melalui alat indra didominasi oleh indra penglihatan. Kemudian disusul oleh indra pendengaran. Berkaitan dengan itu, untaian pepatah Cina kuno yang sangat terkenal sebagai filosofi pembelajaran adalah:

penyerapan,informasi,belajar

“When I hear, I will forget
When I see, I will remember
And when I do, I will understand”
Merujuk pepatah ini, ada 5 hal pokok bagaimana siswa menerima atau menyerap informasi dalam.:

1.Aktivitas fisik dan mental

Pembelajaran harus melibatkan aktivitas fisik dan aktivitas mental siswa secara bervariasi. Mulai dari mata, telinga, hidung, kulit, tangan sampai ke otak terlibat saat pembelajaran berlangsung. Indikasi keterlibatan semua aktivitas ini adalah konsentrasi dan pemusatan perhatian pada materi pelajaran yang dibahas.


2.Strategi dan metode

Dalam pembelajaran mengisyaratkan agar guru menggunakan berbagai metode (multimetode) dalam menyampaikan materi pelajaran. Barangkali, tidak satupun metode pembelajaran yang dianggap paling bagus atau paling tidak bagus. 

Metode pembelajaran apapun bisa digunakan asal sesuai dengan karakter materi pelajaran dan ketersediaan sarana belajar. Yang penting metode itu bisa melibatkan aktivitas fisik dan mental siswa secara optimal. 
Baca : Strategi Pembelajaran bermakna

3.Porsi aktivitas

Aktivitas guru di ruang kelas seyogyanya lebih dikurangi sehingga guru tidak lebih sibuk dari pada siswanya. Guru harus mampu menekan dirinya untuk mau memberikan waktu belajar kepada siswa sebanyak mungkin dalam pembelajaran. Strategi dan metode pembelajaran yang dipilih guru sangat menentukan terlaksananya hal ini.


4.Peran motivator

Peran guru sebagai motivator dalam pembelajaran akan mengotimalkan pemberdayaan alat indra siswa untuk menyerap pesan informasi bahan belajar. 
Baca: Motivator Peran Guru paling Strategis

5.Media dan bahan belajar

Penggunaan media dan berbagai bahan belajar yang relevan kiranya meningkatkan kadar penyerapan informasi oleh siswa.  

0 Response to "Bagaimana Siswa Menyerap Informasi Belajar?"

Poskan Komentar