Pentingnya Pengelolaan Kelas

Pentingnya pengelolaan kelas - Mengelola kelas dengan baik, akhir-akhir ini menjadi persoalan yang tidak gampang oleh sebagian guru. 

Pembelajaran yang telah dijalankan terasa belum efektif dan efisien mencapai tujuan pembelajaran. Waktu belajar lebih banyak dihabiskan untuk mengatur dan memarahi anak.

Salah satu kendala klasik adalah jumlah siswa dalam suatu kelas yang melebihi kapasitas normal 25 sampai 30 orang siswa. Jika dalam suatu kelas dipadati lebih 30 siswa diperkirakan akan menimbulkan masalah dalam pengelolaan kelas.

Mengapa dalam satu kelas berukuran 8 x 8 meter harus memuat siswa melebihi ukuran semestinya?  Mungkin jawabannya, wajib belajar. Tidak boleh menolak anak yang mau sekolah. 

Tetapi yang tidak masuk akal adalah alasan tersembunyi mencapai jumlah siswa dengan target tertentu agar dana BOS lebih besar diterima sekolah. Besarnya dana BOS untuk sekolah tergantung pada jumlah siswa di sekolah bersangkutan.

mengelola,kelas,siswa

Itu kendala berasal dari kelebihan kapasitas. Kendala lain yang sering terdengar adalah anak-anak suka meribut atau bikin onar ketika belajar. Benarkah ada anak di suatu kelas, suka meribut? Tidak ada! Tidak ada anak yang suka meribut kecuali mereka diberi kesempatan dan menjadi terbiasa demikian akibat lemahnya pengelolaan kelas.

Pembelajaran di ruang kelas merupakan substansi ideal, bahkan menjadi urat nadi dalam meningkatkan mutu pendidikan di negeri ini. Disinilah pentingnya pengelolaan kelas yang baik oleh guru. 

Kelas yang dikelola dengan baik akan berujung pada terciptanya pembelajaran yang efektif dan efisien. Bagaimana trik untuk mengelola pembelajaran efektif dan efisien? Akan dikembangkan pada artikel berikutnya.

Saya hanyalah seorang guru non-profesional sekaligus blogger yang selalu berusaha belajar dan...belajar serta mengajar di dunia maya maupun alam nyata.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »