Lingkungan Nyaman, Warga Sekolah Bergairah

Sudah menjadi kodrat alamiah bahwa lingkungan sekolah yang nyaman akan membuat warga sekolah merasa betah dan kerasan untuk berlama-lama berada di tempat itu. Guru menjadi bergairah mengajar. Siswa merasa kerasan belajar. Guru dan siswa saling bergairah!

Kebiasaan siswa yang sering terlambat, alpa dan bolos belajar akan dapat diminimalisir. Siswa merasa tidak enak datang terlambat. Siswa merasa rugi  jika tidak datang satu hari saja ke sekolah. 

Siswa merasa tidak nyaman kalau bolos dari sekolah.  Hari libur menjadi hari yang kurang menyenangkan. Karena tidak akan datang ke sekolah pada hari libur itu. Begitulah bila di sekolah tercipta lingkungan yang nyaman.

lingkungan sekolah,nyaman

Sebaliknya, lingkungan sekolah yang tidak nyaman akan membuat warga sekolah berada di tempat yang membosankan. Sekolah akan menjadi tempat pengekangan rutin yang harus dikunjungi setiap hari. Guru, kalau tidak karena program sertifikasi, akan malas datang ke sekolah tiap hari. Dicari-cari alasan untuk meninggalkan tugas.

Begitu pula siswa, tidak merasa melanggar aturan sekolah jika datang terlambat, bolos dan sebagainya.  Hari libur adalah hari yang sangat dinantikan, kalau perlu dalam satu bulan angka tanggal kalender banyak dikasih warna merah. Kalau perlu lagi, hari libur diciptakan sendiri.

Suasana yang nyaman lagi menyenangkan pada umumnya dapat bersumber dari lingkungan fisik sekolah. Lingkungan fisik sekolah bersih, sejuk dan asri. Tumbuhan perindangan tertata dengan rapih. Lingkungan sekolah jauh dari kebisingan. Kondisi lingkungan sekolah yang ditata dengan rapi akan membuat suasana menyenangkan dan  menggairahkan semua warga sekolah.

Lingkungan sosial sekolah juga sangat menentukan kenyamanan lingkungan sebuah sekolah. Tidak akan berati banyak lingkungan fisik yang bagus tanpa ditopang oleh lingkungan sosial. Lingkungan sosial  yang harmonis membuat kondisi nyaman dan menyenangkan. Lingkuingan sosial yang harmonis akan tercipta bila seluruh warga sekolah berusaha menjalin komunikasi dan pergaulan yang baik.

Dengan kondisi lingkungan fisik dan sosial yang baik, sekolah akan menjadi tempat ternyaman kedua setelah di rumah. Oleh sebab itu semua warga sekolah perlu menumbuhkembangkan budaya baik di sekolah. Baik lingkungan fisik sekolah, baik juga lingkungan pergaulan sosial.

Share this :

36 Responses to "Lingkungan Nyaman, Warga Sekolah Bergairah"

  1. Beneran gak sih sayah dapat pertamax :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mas dapat pertamax
      saya dapat ketigax atau solar mungkin ya
      hehehe

      Hapus
    2. berarti saya dapat minyak tanah nih
      hahahaha :)

      Hapus
    3. kalau saya mah minyak apa saja deh, yang penting bisa di jual lagi wkwkwkwkwkwk

      Hapus
    4. Suasana sekolahnya terlihat adem sejik nyaman dan Indah
      Seindah Blog http://uda-go-blog.blogspot.com
      Saya sebagai siswa sangat mendambaakan sekolahan
      Seperti ini. terima kasih Pak Uda

      Hapus
    5. Wah, kalau begini jadinya...admin nggak mau kalah, ngikut juga deh...Avtur aja...hehehe.

      Hapus
    6. Wah wah ini saya ketinggalan semuanya nih Huiehiehiehie,. Mantap Uda blognya sembriwing. Soak KELAS memang harus menjadi perhatian semuanya baik siswa , para guru, Kepala Sekolah, semuanya turut bertanggung jawab menjadikan sekolahnya nyaman bersih indah, Apalagi dalam ruangan KELAS nya, tempat anak anak belajar. Suasana memang harus senyaman mungkin agar para siswa menjadi betah dan terus semangat belajarnya

      Hapus
  2. Lingkungan sekolah yang sehat dapat juga membangun semangat belajar para siswa ya Pak, jadi siswa dapat nyaman belajar, sekaligus berprestasi dalam bidang pelajaran.

    Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas Indra. Kalau lingkungan sehat suasana fikiran akan nyaman. Prestasi siswa ditentukn juga oleh suasana yang nyaman dalam belajar...

      Hapus
  3. Yeahh kenyamanan lingkungan itu di harapkan semua orang agar menjadi bergairah dalam segala hal.
    Termasuk nyamannya lingkungan sekolah.
    Kalau aku dulu sering terlambat sekolah tapi nggak peenah bolos hehee


    Ngomong" fotografernya lumayan handal niihh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Begitu ya, mbak Muya? Sering telat karena rumahnya jauh dari sekolah ya, mbak...?

      Wah, mbak Muya bisa aja. Itu hanya foto iseng....hehehe

      Hapus
  4. jika lingkungan sekolah aman dan nyaman proses belajar mengajar pun pasti menjadi lebih menyenangkan yaa Uda, :)

    BalasHapus
  5. tapi kadang siswa juga yang kadang suka mengganggu kenyamana sekolah ya pak...misal dengan mencoret2 tembok atau menggaduhkan suasana kelas, itu yang sering terjadi di daerah saya...jadi mungkin harus ditanamkan juga sikap rasa memiliki dan menjaga kenyamanan sekolah yang sudah tercipta ya pak

    BalasHapus
  6. kondisi tempat belajar ternyata sangat berpengaruh pada gairah belajar siswa..

    BalasHapus
  7. sebenernya bukan hanaya tempat belajarnya saja sih. namun lingkungan sekitar tempat belajar juga harus mendukung mas.. kalau lingkungan sekita tempat belajar terlalu brisik juga akan mengganggu konsentrasi belajar dan siswa pun menjadi kurang semngat belajarnya

    BalasHapus
  8. Lingkungan sekolah yang nyaman memang menjadi penyemangan siswa untuk belajar, termasuk juga lingkungan kelas yang bersih rapi, mempunyai pencahayaan dan tata warna yang baik ..

    BalasHapus
  9. Selamat sore Pak Uda simak dan mohon maaf saya baru bisa
    Mampir lagi di blog Bapak, yah maklum sangat sedikit sibuk
    Lingkungan skolah yang nyaman pastinya danbaan semua para
    Siswa yah Pak termasuk saya. ini bisa jadi Infirasi saya lho Pak artikelnya
    Terima kasih atas artikel yang bermanfaatnya salam hormat Pak Uda

    BalasHapus
  10. Lingkungan sekolah yang nyaman sepertinya harus di terapkan di seluruh sekolah, namun tampaknya pihak sekolah masih ada yang kurang peduli yia bos, hehehe...

    BalasHapus
  11. Setuju mas..dimanapun kalau lingkungan bersih akan nyaman..buat apa saja

    BalasHapus
  12. Jika kenyamana di ukur dari keindahan dan tatanan pernak pernik sekolah, maka sekolah kami masih jauh dari kata nyaman karena baru berumur 4 tahun :)

    BalasHapus
  13. Lingkungan membantuk karakter, begitu kan Uda?

    BalasHapus
  14. lingkungan sekolah yang nyaman membuat anak2 belajar dengan baik

    BalasHapus
  15. Setuju banget. Kalo lingkungan kumuh mana bisa belajar dengan bener

    BalasHapus
  16. giliran saya udah kuliah, sekarang SMA saya sudah keren abis..ehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu belum dibikin kere, karena masih ada mas Yoni .. hahahaha

      Hapus
  17. Betul mas...
    Kalo para siswa sudah merasa nyaman dan kerasam di lingkungan sekolah
    pelajaran pun lagi mudah di cerna ya..

    BalasHapus
  18. betul juga mas lingkungan yang nyaman bikin murid dan guru lebih senang dan bersemangat saat datang ke sekolah, sehingga meminimalisir para murid yang malas ke sekolah, makasih sharingnya mas Uda :)

    BalasHapus
  19. lingkungan sekolah yang nyaman dapat menghadirkan mahasiswa berkelas dan wawasan tinggi

    BalasHapus
  20. memang linkungan akan dampak baik terhadap sekolahnya, bayangkan kalau kita tinggal dirumah yang bersih pasti suasana hati juga enak. hehehe..

    BalasHapus
  21. pemilihan sekolah memiliki peran penting dalam pembentukan karakter karena dalam sehari anak-anak menghabiskan waktunya cukup banyak di lingkungan sekolah

    BalasHapus
  22. sangat setuju , Dengan kondisi lingkungan fisik dan sosial yang baik, sekolah akan menjadi tempat ternyaman kedua setelah di rumah, oleh karena itu berbagai pihak harus saling membantu agar hal tersebut berjalan dengan baik,

    BalasHapus
  23. Kalau lingkungan sekolah nyaman, belajar di luar ruangan juga pasti nyaman :)

    BalasHapus
  24. bener banget tu. kalau nyaman kan semua tenag. belajar lebih dinikmati dan ilmu mudah masuk ke otak..

    BalasHapus
  25. jadi lebih nyaman dan kondusif ya mas kalau suasana nya aman dan tenang di lingkungan sekolah. Jadi bisa buat belajar dengan baik :)

    BalasHapus
  26. sekolahnya benar2 rapi dan bersih ya pak, senang sekali saya melihatnya :D

    selamat berjuang mencerdaskan anak bangsa, dan semoga tetap semangat dalam mengemban tugas mulia, amin :)

    BalasHapus