Budaya Baik Dimulai di Lingkungan Keluarga

Budaya baik dimulai di lingkungan keluarga - Keluarga merupakan unit terkecil dari strata kehidupan sosial umat manusia. Dari unit terkecil ini akan berkembang menjadi kelompok sosial di tengah masyarakat.

Pembentukan karakter anak,  budaya baik yang berlanjut di tengah masyarakat berawal dari lingkungan strata sosial keluarga. Budaya baik yang dikembangkan haruslah sesuai dengan norma kehidupan bermasyarakat, seperti norma agama, susila, norma sosial norma lainnya yang dianut masyarakat.. 

Budaya disiplin termasuk salah satu contoh budaya baik yang perlu mendapat pembinaan di lingkungan keluarga. Disiplin terhadap waktu, aturan dan tata tertib yang berlaku dimana kita berada. 

Ini perlu menjadi pusat perhatian orang tua di lingkungan keluarga. Mengapa?

mengembangkan,budaya baik,keluarga

Sudah umum diketahui bahwa budaya disiplin belum memasyarakat secara baik di tengah masyarakat Indonesia. Kelompok-kelompok tertentu masih senang untuk melanggar aturan tertentu di lingkungannya. 

Melanggar aturan berlalu lintas, tidak mau menikuti aturan antri dan masih banyak lagi aturan yang sering diabaikan.

Pelanggaran terhadap disiplin dan aturan yang berlaku berdampak terhadap diri pribadi maupun orang lain. Pelanggaran disiplin berlalu lintas dapat beresiko buruk terhadap keselamatan diri dan orang lain. 

Pelanggaran terhadap disiplin waktu berakibat terkendalanya penyelenggaraan suatu proses yang berlangsung. Tidak mau antri di tempat umum sering menimbulkan kekacauan prosedur.

Fenomena di atas hanyalah sebagian contoh kecil budaya tidak baik di tengah masyarakat. Maka disinilah perannya lingkungan keluarga untuk menumbuhkan kesadaran berbudaya baik. 

Orangtua dan anggota keluarga perlu membiasakan diri untuk memulai budaya baik seperti budaya disiplin, budaya antri, dan budaya lainnya di lingkungan keluarga. Keteladanan orang tua menjadi tolok ukur dalam mengembangkan disiplin dan budaya baik lainnya.

Demikianlah secuil bahan diskusi tentang pengembangan budaya baik di lingkungan keluarga. Semoga menjadi bahan dasar buat kita semua untuk mendiskusikannya lebih dalam dan lebih luas. Terima kasih.

Demikian uraian singkat mengenai budaya baik di lingkungan keluarga.

Share this :

5 Responses to "Budaya Baik Dimulai di Lingkungan Keluarga"

  1. budaya yang baik bisa membiasakan keluarga untuk melakukan hal yang positif :)

    BalasHapus
  2. Alah bisa karna biasa....apa bila dari keluarga telah dibiasakan budaya baik maka insya allah dilingkungan sosial , masyarakat ,seklah anak akan. Bisa berprilaku baik...

    BalasHapus
  3. disiplin memang harus diajarkan,namun terkadang anak anak itu lebih suka meniru dari pergaulan dunia luar,dan butuh kesadaran diri yang tinggi untuk tetap pada komitmen yang telah diajarkan di keluarga.

    BalasHapus
  4. Membuat suatu budaya yang baik pada lingkungan keluarga
    Sangat penting dan seharus nya kita tanamkan yah Pak Uda
    Sangat mencerahkan sekali artikelnya. makasih Pak Uda

    BalasHapus
  5. budaya yang baik dilingkungan keluarga menjadikan anak menjadi lebih baik ya mas ;)

    BalasHapus