Menciptakan Suasana Belajar Kondusif di Rumah

Menciptakan suasana belajar kondusif -  Sering terjadi, seseorang mencapai hasil yang terbaik justru berawal dari melakukan hal-hal kecil. Sebaliknya, kegagalan seseorang mencapai hasil optimal bukan mustahil karena melupakan sesuatu yang dianggap kecil.

Sebagai contoh, keberhasilan anak dalam meraih prestasi belajar di sekolah sering ditunjang oleh telatennya orang tua membantu anak belajar di rumah. Biasanya hal ini dilakukan seorang ibu yang tidak pembosan mendampingi anak belajar.  

Bahkan sang ibu betah ikut campur membimbing anak belajar. Ini bukan berarti seorang ayah tidak bisa mendampingi dan membimbing anak untuk belajar di rumah.

menciptakan,suasana belajar,belajar kondusif

Anak belajar di rumah membutuhkan suasana belajar kondusif. Suasana belajar kondusif adalah suasana yang mendorong anak belajar di rumah dengan baik. Minimal ada dua hal yang perlu dilakukan oleh orang tua untuk menciptakan suasana belajar kondusif:

1.Tempat belajar

Mungkin ada sebagian kecil orang tua yang kurang memperhatikan tempat belajar anak di rumah. Biasanya tempat belajar anak di dalam kamarnya sendiri.  Atau di ruang belajar khusus yang sengaja disediakan untuk anak.  Anak akan nyaman dan betah belajar pada tempat yang terawat rapih. Meja belajar rapi dan bersih. 

Hawanya tidak terlalu dingin atau panas. Segala sesuatu benda dan perlengkapan disusun dengan baik dan teratur. Jangan dibiarkan bertebaran atau berantakan dimana-mana di sekitar anak belajar.

2.Suasana belajar

Ketenangan lingkungan belajar anak perlu diperhatikan orang tua. Ketika anak sedang belajar suasana benar-benar tenang dan bebas dari suara mengganggu. Kadang-kadang tanpa sengaja ada anggota keluarga yang menyalakan televisi dan menyetel musik terlalu kencang. 

Bahkan ada anggota keluarga yang berbicara sambil tertawa ngakak di saat anak sedang belajar. Ini semua dapat mengganggu anak belajar.

Demikian tips sederhana untuk menciptakan suasana belajar kondusif di rumah. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Saya hanyalah seorang guru non-profesional sekaligus blogger yang selalu berusaha belajar dan...belajar serta mengajar di dunia maya maupun alam nyata.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »