Mengapa Matahari Terbit di Timur?

Mengapa matahari terbit di timur? - Pertanyaan ini bukanlah pertanyaan mengada-ada. Fenomena alam ini terbentang di hadapan kita setiap hari. Sang raja tata surya ini terbit di sebelah timur dan terbenam di sebelah barat. 

Meskipun rumit dipahami, namun sekurang-kurangnya akan mengingatkan kita kepada kebesaran kekuasaan Allah Yang Mahakuasa. 

Pertanyaan seperti di atas dapat dijawab secara ilmiah berdasarkan teori ilmu pengetahuan tentang tata surya. Kira-kira begini analisanya: Berabad-abad lamanya orang menganggap bahwa bumi adalah pusat tata surya. Artinya, benda-benda langit, termasuk matahari, beredar mengelilingi bumi. 

Anggapan ini mungkin dapat diterima akal karena faktanya memang terlihat matahari terbit di timur kemudian bergerak dan terbenam di sebelah barat. Anggapan ini dikenal dengan teori geosentris. 


mengapa,matahari,terbit

Namun lima abad yang silam, abad ke 16, ilmuan Nicolas Copernicus, membantah teori geosentris tersebut. Mataharilah sebagai pusat tata surya. Planet dan benda langit lainnya beredar mengelilingi matahari. Teori ini dikenal dengan teori heliosentris. Teori ini masih diterima sampai sekarang.

Lalu bagaimana dengan pertanyaan mengapa matahari terbit di timur? Gerak matahari dari timur ke barat,  seperti yang kita lihat tiap hari, sebenarnya adalah gerak semu, gerak tidak sebenarnya.  Inilah yang disebut gerak semu harian matahari.  

Sesungguhnya bumilah yang bergerak dari barat ke timur. Akibatnya,  seolah-olah matahari  bergerak dari timur ke barat. Bagaimana Sobat? Memusingkan bukan? Mari kita bahas dan diskusikan lagi melalui form komentar di bawah ini.

Share this :

0 Response to "Mengapa Matahari Terbit di Timur?"

Poskan Komentar