Cara Belajar yang Baik di Rumah

Cara belajar yang baik di rumah – Kali ini admin akan berbagi cara sederhana bagaimana belajar yang baik di rumah. 

Memahami cara belajar yang baik  menjadi langkah awal yang baik bagi siswa untuk meraih hasil belajar secara optimal.

Namun kenyataannya masih banyak siswa yang belum menguasai bagaimana seharusnya kiat belajar yang baik di rumah. Mereka masih melakukan kebiasaan belajar yang keliru. 

Tentu saja kebiasaan ini akan merugikan diri sendiri meskipun tidak terasa secara langsung dan dalam waktu yang cepat.

Berikut akan disajikan cara belajar yang baik di rumah:

cara,belajar,rumah

1.Merapikan tempat belajar

Jika siswa belajar di kamar tidur, maka tempat tidur maupun meja belajar harus dirapikan agar menimbulkan kegairahan untuk belajar. Buku-buku ditata dengan rapi di atas meja atau pada rak buku yang ada di kamar tidur.

2.Menyingkirkan yang mengganggu konsentrasi

Biasanya yang sering merusak konsentrasi belajar di rumah adalah alat komunikasi. Sebaiknya dinon-aktifkan terlebih dulu. Namanya anak sekolah, pasti ada-ada saja pesan atau call masuk dari teman. Penonaktifan ini hanya selama beberapa waktu saja. Jika usai belajar sudah bisa dibuka kembali.

3.Menyediakan alat tulis yang diperlukan

Tidak hanya di sekolah, di rumah juga perlu disediakan alat tulis yang lengkap seperti pena, penghapus, pensil, mistar dan kertas buram untuk coretan. Konsentrasi belajar akan buyar jika membutuhkan beberapa alat tersebut namun tidak ditemukan di tempatnya. Misalnya butuh pensil dan kertas buram sehingga perlu pula dicari terlebih dulu sehingga membuang waktu beberapa lamanya.

4.Mengatur waktu yang tepat

Waktu belajar yang baik di rumah tergantung pada masing-masing siswa. Ada siswa yang suka mengulang pelajaran di rumah selesai magrib dan makan malam. Itu boleh-boleh saja. Namun waktu yang bagus untuk mengulang pelajaran adalah subuh. 

Bangun tidur segera shalat subuh kemudian belajar. Waktu-waktu seperti ini biasanya belum banyak gangguan, begitu pula fikiran dan tubuh masih segar.

5.Jangan sampai larut malam

Sebaiknya kalau belajar jangan sampai larut malam. Ini kebiasaan siswa yang sulit untuk merubahnya. Kalau ada ujian belajarnya mati-matian sampai tengah malam. Ini justru akan menguras energy tubuh maupun fikiran siswa. Belajar tidak perlu berlama-lama namun yang penting frekuensinya. Belajar 3 kali dalam 1 jam lebih baik dari 1 kali dalam 3 jam.

6.Sediakan makanan dan minuman ringan

Belajar sudah pasti membutuhkan energi tubuh dan otak. Tidak mungkin konsentrasi belajar dalam keadaan perut lapar atau rasa haus. Tidak ada salahnya sekali-sekali disediakan juga makanan dan minuman ringan ketika belajar di kamar.

Semoga uraian cara belajar yang baik di rumah bermanfaat dan menambah wawasan siswa maupun orang tua yang sedang membantu anak belajar di rumah. Terima kasih.

Share this :

0 Response to "Cara Belajar yang Baik di Rumah"

Poskan Komentar