Tips Menjadi Siswa Teladan

Tips menjadi siswa teladan – Artikel ini mengulas lebih jauh artikel sebelumnya, perihal siswa teladan di sekolah. Konsep siswa teladan berbeda dengan siswa berprestasi. 

Siswa berprestasi cenderung berorientasi pada hasil belajar siswa bidang akademis. Penentuan siswa berprestasi umumnya berdasarkan hasil belajar yang diperoleh pada akhir semester. 

Berbeda dengan siswa teladan. Siswa teladan mengacu pada sikap dan tingkah laku siswa di sekolah. Oleh sebab itu siswa teladan ditentukan melalui  pemilihan dengan prosedur tertentu.

Yang memilih adalah semua anggota komunitas sekolah. Puluhan guru dan pegawai administrasi dan ratusan siswa yang ada di sekolah tersebut.

tips,siswa,teladan

Alhasil, siswa yang terpilih menjadi siswa teladan boleh jadi bukan siswa yang berprestasi dibidang akademis. Atau bisa juga akan terpilih sebagai siswa teladan dari siswa berprestasi. Tergantung pilihan anggota komunitas siswa di sekolah itu.

Sudah barang tentu, menjadi siswa teladan tidak akan mudah karena dipengaruhi sejauh mana ketertarikan pemilih terhadap sikap dan tingkah laku siswa sehari-hari di sekolah. 

Jelas hal ini bersifat subjektif namun kategorinya tetap sikap dan tingkah laku siswa yang pantas menjadi acuan dan teladan bagi siswa lain. Barangkali, hal ini bermanfaat untuk mengurangi kenakalan remaja di sekolah.

Baiklah, berikut ini diuraikan tips menjadi siswa teladan:

1.Mematuhi tata tertib belajar di sekolah

Mustahil akan terpilih menjadi siswa teladan  siswa yang sering melanggar aturan dan tata tertib belajar di sekolah.  Sering terlambat masuk kelas, bolos belajar, atau yang suka membuat guru marah. Mengganggu proses belajar dan mengajar serta prilaku lainnya.

Sebaliknya, yang berpeluang menjadi siswa teladan adalah siswa yang jarang atau bahkan tidak pernah melanggar aturan dan tata tertib sekolah. Tidak pernah namanya  tercatat dalam buku pelanggaran peraturan oleh siswa.

2.Berpenampilan dan berpakaian rapi

Jangan berpikir siswa yang berpenampilan seperti preman akan terpilih sebagai siswa teladan. Begitu pula siswa yang berpakaian slebor. Sebaliknya siswa yang layak dijadikan acuan dan teladan di sekolah adalah siswa yang benar-benar berpenampilan sebagai siswa dan berpakaian rapi. Seragam sekolah dikenakan sesuai aturan yang berlaku di sekolah.

3.Disenangi oleh semua komunitas sekolah

Komunitas sekolah terdiri dari sekian ratusan siswa, puluhan guru dan belasan pegawai administrasi. Mengapa disenangi oleh semua komunitas sekolah? Ya, karena sikap dan tingkah laku sopan dan santun. 

Berkata dan bertutur kata yang tidak menyakiti atau menyinggung. Tidak sombong dan angkuh. Suka menolong teman lain (bukan dalam ujian).

4.Aktif dalam berbagai kegiatan sekolah

Di sekolah ada OSIS, wadah tempat bergabung siswa di sekolah dalam rangka mengembangkan berbagai minat dan bakat siswa. Siswa yang aktif di OSIS akan menarik perhatian siswa dan guru. 

Keterampilan bergabung dalam OSIS menjadi contoh bagi yang lainnya sehingga orang berharap agar kelak dapat memimpin negeri ini, tidak pilih kasih, ikhlas berbuat. Mau membantu tidak hanya saat tertentu saja, melainkan setiap orang lain butuh.

Demikianlah beberapa poin untuk menjadi siswa teladan di sekolah. Semoga bermanfaat.

Share this :

0 Response to "Tips Menjadi Siswa Teladan"

Poskan Komentar