Fenomena Fisika Sehari-hari

Fenomena fisika sehari-hari - Fisika merupakan mata pelajaran yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari. Banyak ditemukan gejala dan fenomena alam yang terjadi di sekitar siswa. Hal ini sesuai dengan prinsip fisika itu ada dimana-mana dan kapan saja.

Berikut rangkuman peristiwa fisika sehari-hari yang mudah teramati:

1.Gerak semu harian matahari

Bumi bergerak mengelilingi matahari dari arah barat ke timur. Faktanya, matahari yang terlihat bergerak dari timur ke barat.  Gerak matahari dari timur ke barat disebut gerak semu harian mata hari.

fenomena,fisika,sendok patah

2.Lemari hias terbuat dari cermin datar

Lemari hias selalu menggunakan cermin datar. Orang tidak pernah menggunakan cermin cembung atau cekung. Pada cermin datar, benda sama tinggi dengan bayangannya, jarak benda sama dengan jarak bayangannya. Hanya saja, cermin datar menunjukkan bayangan yang tertukar antara sisi kanan dengan sisi kiri.

3.Spion kendaraan terbuat dari cermin cembung

Cermin cembung tidak pernah membentuk bayangan terbalik. Semakin jauh jarak benda maka bayangan benda itu semakin kecil, begitu sebaliknya. Ini dapat ditemukan pada spion kendaraan.

4.Kejadian Pelangi

Pelangi terjadi pada pagi atau sore hari, tidak pernah tengah hari, apalagi malam hari. Jika matahari berada di sebelah barat maka pelangi terjadi di sebelah timur, begitu sebaliknya. Pelangi terjadi saat hujan dan tidak pernah terjadi pada saat cuaca cerah. Pelangi itu merupakan proses penguraian bintik air oleh cahaya matahari.

5.Jam tangan selalu berputar ke arah kanan

Jam tangan dan alat ukur waktu lainnya selalu berputar ke kanan. Orang menjadikan ini sebagai patokan arah putaran. Misalnya, searah dengan putaran jarum jam. Artinya, berputar ke kanan. Berlawanan dengan putaran jarum jam, berarti berputar kekiri.

6.Hukum I Newton

Ketika kendaraan hendak berangkat kita terdorong ke belakang, begitu sebaliknya. Ini diindikasikan sebagai hukum kelembaman (hukum I Newton).

7.Petir dan kilat terjadi bersamaan

Sesungguhnya petir dan kilat terjadi bersamaan. Faktanya kilat terklihat terlebih dahulu ketimbang terdengar petir. Ini disebabkan oleh cahaya lebih cepat merambat di udara ketimbang bunyi.

Share this :

0 Response to "Fenomena Fisika Sehari-hari"

Poskan Komentar