Bagian Otak Manusia dan Fungsinya

Bagian otak manusia dan fungsinya – Dalam kehidupan sehari-hari kita mengenal fungsi otak sebagai alat untuk berpikir. Otak yang menjadi alat berpikir dikenal dengan otak yang awaras.

Ternyata fungsi otak tidak hanya untuk berfikir. Masih banyak fungsi unik lainnya yang perlu diketahui. Hal ini berkaitan dengan bagian-bagian otak dan fungsinya masing-masing. 

Artikel postingan matrapendidikan.com kali ini hanyalah sebuah tinjauan. Review sederhana terhadap materi pelajaran IPA di kelas IX SMP di semester 5. 

Tercantumlah sebuah konsep sistem saraf manusia dimana salah satu kajiannya adalah bagian-bagian otak manusia dan fungsinya.


struktur otak,bagian otak,otak manusia

Otak manusia merupakan sebuah kesatuan utuh yang membentuk sistem kerja yang unik. Sistem kerja otak membentuk sinergisitas luar biasa sehingga manusia dapat melakukan proses kehidupan secara normal dan baik. 

Otak terletak dalam rongga tengkorak. Ada 3 bagian utama otak, yaitu; otak besar, otak kecil dan sumsum lanjutan. Masing-masing bagian otak ini juga mempunyai fungsi dan tugas tersendiri. 

Mari kita bahas satu persatu:

1.Otak besar (cerebrum)

Fungsinya adalah: a).sebagai pusat berpikir, kecerdasan dan kemauan. b).mengendalikan semua kegiatan yang disadari seperti; bergerak, berpikir, mendengar, melihat, berbicara dan meraba.

2.Otak kecil (cerebellum)

Otak ini berfungsi sebagai pusat pengatur keseimbangan dan koordinasi otot-otot sebagai alat gerak

3.Sumsum lanjutan (medulla oblongata)

Bagian ini berfungsi untuk mengatur denyut jantung, kecepatan pernapasan, dan kegiatan tubuh lainnya yang tidak disadari.

Demikian sekelumit informasi seputar bagian-bagian otak manusia dan fungsinya. Semoga menjadi bahan inspirasi bagi kita semua. Terima kasih.

Share this :

0 Response to "Bagian Otak Manusia dan Fungsinya"

Poskan Komentar