Program dan Kebijakan Pendidikan Moral

Kali ini matra pendidikan akan menyajikan topik pendidikan moral. Pembahasannya akan dimuat secara berseri. Tujuannya agar dapat memenuhi sasaran pembahasan untuk pengunjung matra pendidikan yang budiman.

Struktur pembahasan pendidikan moral adalah sebagai berikut:
1.Program dan kebijakan pendidikan moral
2.Jalur pendidikan moral.
3.Strategi pendidikan moral.

Menyimak perkembangan sampai hari ini. Kita masih prihatin dengan kondisi moral anak bangsa. Perilaku menyimpang dan melanggar etika dan norma sopan santun masih terbentang di hadapan kita.

program,kebikan,pendidikan,moral

Tingkah laku dan perbuatan mereka. Seakan-akan menunjukkan mereka tidak pernah mendapat pendidikan budi pekerti. Mereka cukup pintar dan memiliki kecakapan. Namun etika dalam pergaulan sehari-hari semakin mengkhawatirkan orang tua dan masyarakat.

Adakah yang kurang terhadap pembinaan moral anak bangsa ini? Jawabannya, tidak! Tidak ada yang kurang. Telaahlah program dan kebijakan pembinaan akhlak dan moral anak. Begitu pula pembinaan  karakter anak, sudah dicanangkan dan diterapkan sejak dulu.

Hanya saja, semua program dan kebijakan tentang pendidikan moral masih sebatas teori dan pragmatis belaka. Penerapan dari program dan kebijakan itu hanya lebih banyak pada taraf sosialisasi (pemasyarakatan) ketimbang penerapannya. Atau penerapannya masih separuh hati dan belum menjadi prioritas utama.

Coba tinjau kembali, dari jalur pendidikan PAUD, TK sampai jenjang pendidikan menengah atas. Tidak ada yang kurang dengan program dan kebijakannya. Semua tingkatan pendidikan ini memiliki program bagus untuk mengembangkan moral anak. Ada kegiatan intra-kurikuler dan ekstra-kurikuler yang berkaitan dengan pendidikan karakter dan pengembangan moral siswa.

Dimana letak dan akar permasalahannya? Insyaallah akan dikemukakan pada artikel berikutnya. Nantikan pembahasannya pada artikel berikutnya di bawah judul jalur pendidikan moral

Share this :

8 Responses to "Program dan Kebijakan Pendidikan Moral "

  1. Memang perlu pendidikan karakter, banyak siswa yang sekarang perilakunya susah diatur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, mas. Pendidikan karakter itu sebenarnya sudah diprogramkan melalui kebijakan-kebijakan dalam pendidikan. Hanya saja, pelaksanaannya belum optimal. Tidaklah mengherankan mengapa siswa susah diatur dan suka melanggar aturan...

      Hapus
  2. Untuk masalah Moral nampaknya itu pelajaran yang sangat penting.Bukan hanya disekolah tapi dalam rumah tangga serta dilingkungan juga sangat diperlukan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mbak Dheavy. Itu akan kita coba membahasnya pada artikel selanjutnya, mbak.

      Hapus
  3. sangat setuju sekali sob, skrg ini anak2 remaja lg mengalami yg namanya krisis moral. dan ini memang hrs dididik sejak usia dini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mas Wawan. Program dan kebijakan yang ada selama ini sepertinya belum diterapkan secara optimal sehingga krisis moral anak remaja masih belum bisa ditekan sekecil mungkin. Terima kasih, mas...

      Hapus
  4. jika pendidikan ini benar benar di amalkan saya yakin akan tercipta moral bangsa yang santun dan beradab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin tepatnya disini disebut istilah pendidikan itu diamalkan atau diterapkan ya mas. Terima kasih, mas Imron...

      Hapus