Tips Menata Ruang Kelas Agar Nyaman

Tips menata ruang kelas agar nyaman – Menata ruang kelas merupakan kegiatan atau upaya untuk mengatur dan mengelola ruangan belajar siswa. 

Tujuan dari kegiatan ini adalah supaya tercipta ruang belajar kondusif dan menyenangkan. Jika semua kelas memiliki lingkungan nyaman, semua warga sekolah akan semangat di sekolah. Siswa bersemangat belajar, guru pun bergairah mengajar.

Penataan ruang kelas ikut menentukan kualitas proses belajar dan mengajar. Siswa akan terangsang untuk belajar dengan kondisi ruang kelas yang bersih dan nyaman. Guru akan bergairah mengajar dalam suasana kelas yang bersih dan rapi.

tips,menata,ruang kelas

Oleh sebab itu, perlu diperhatikan bagaimana penataan ruang kelas yang mendukung proses belajar dan mengajar. Berikut ini adalah tips menata ruang belajar yang nyaman dan menyenangkan:

1.Meja dan kursi siswa

a).Posisi atau letak meja dan kursi siswa usahakan agar lurus ke belakang atau samping kiri dan kanan sehingga terlihat keteraturan tempat duduk siswa.

b).Bebaskan meja dan kursi dari coretan atau tulisan yang mengotorinya.

c).Meja dan kursi hendaknya kuat dan kokoh sehingga tidak bergoyang atau berbunyi saat digunakan oleh siswa.

2.Jendela dan dinding kelas

a).Selalu bersihkan jendela kaca kelas, sudut ruangan maupun langit-langit kelas dari debu dan sarang laba-laba.

b).Jika perlu dinding kelas dihias dengan menempatkan gambar atau media belajar namun tidak berlebihan agar terlihat tidak terlalu ramai.

3.Lantai kelas

a).Bebaskan lantai kelas dari sampah kertas atau tanah yang dibawa oleh sepatu siswa.
b).Jika lantai berkeramik sebaiknya siswa melepaskan sepatu dan diletakkan di tempat khusus di bagian luar ruangan kelas.

4.Meja dan kursi guru

a).Meja dan kursi guru berada pada pojok kiri kelas, dekat lemari perabot kelas.
b).Meja guru diberi alas dengan kain taplak.
c).Supaya lebih indah dipandang mata, di atas meja guru ditarok bunga plastic.

5.Perlengkapan kelas

Perlengkapan kelas adalah semua kebutuhan kelas untuk menunjang kelancaran pembelajaran. Misalnya; penghapus papan tulis, buku agenda dan perlengkapan kebersihan, dan lain sebagainya. Jangan biarkan perlengkapan itu berada di sembarang tempat.

Demikian beberapa poin penting dalam menata ruang kelas agar terlihat nyaman dan menyenangkan. Semoga pembelajaran kondusif akan terwujud dengan penatan ruang kelas yang baik Terima kasih.

Share this :

0 Response to "Tips Menata Ruang Kelas Agar Nyaman"

Poskan Komentar