Tips Mengatasi Rasa Ngantuk Saat Belajar

Tips mengatasi rasa ngantuk saat belajar – Rasa ngantuk merupakan hal yang wajar dialami oleh seseorang. 

Penyebabnya bisa jadi karena kesehatan terganggu, kurang tidur dan faktor lainnya. Jika dalam melakukan aktivitas, rasa ngantuk ini akan menimbulkan akibat yang kurang baik dan merugikan.

Seorang siswa akan belajar secara rutin hampir saban hari di sekolah. Kecuali hari libur dan hari minggu. Saban hari dimulai pagi sampai sore hari. 

Kadang-kadang cuaca terlalu panas. Ruangan kelas yang pakai pendingin udara pun cenderung menimbulkan kantuk pada siswa. Suasana ini akan menimbulkan rasa bosan belajar.

tips,ngantuk,belajar

Jika siswa ngantuk saat mengikuti pelajaran, sudah pasti tak ada materi pelajaran yang diberikan guru akan singgah di kepala. Ini akan merugikan diri siswa sendiri. Buat apa duduk berlama-lama di dalam kelas? Pasti akan membuang-buang waktu sekian puluh menit saja.

Sebenarnya belum ada tips atau cara yang canggih untuk mengatasi rasa ngantuk siswa dalam belajar. Namun melakukan sesuatu lebih baik daripada tidak sama sekali. Atau membiarkan rasa kantuk itu sering menyerang ketika sedang belajar.

Berikut adalah tips ringan untuk mengatasi rasa kantuk saat belajar:

1.Usahakan sarapan yang cukup

Sebelum berangkat sekolah usahakan sarapan pagi yang cukup. Siswa akan mendapat pasokan energi untuk kegiatan belajar. Lemas dan kurang gairah karena kehabisan energi akan mengundang timbulnya rasa ngantuk. Baca juga: Pentingnya Sarapan Pagi

2.Jangan tidur terlalu malam

Untuk ukuran siswa, kalau tidur jangan kurang dari 8 jam. Diperkirakan tidur paling lambat pukul setengah sepuluh dan bangun subuh paling cepat pukul setengah 5. Bangun pagi cukup baik untuk menjaga kesehatan tubuh siswa. Di samping itu, bangun subuh memberi kesempatan kepada siswa untuk beribadah dan mengulang pelajaran atau mengerjakan kembali pekerjaan rumah.

3.Aktif selama belajar

Siswa yang lebih banyak diam dan berbenung lebih mudah diserang rasa kantuk. Oleh sebab itu, sebaiknya siswa aktif bertanya atau mengajukan pertanyaan kepada guru saat menerangkan pelajaran. Atau bisa juga sering tampil ke depan ketika diminta guru ke depan kelas. Baca juga: Tips Bersemangat Belajar

4.Cobalah minta izin keluar kelas

Minta permisi meninggalkan kelas bukan untuk bolos belajar. Dalam hal ini agar siswa menukar suasana pemandangan mata dan menghirup udara segar di luar kelas. Atau bisa juga segera melakukan pencucian muka. Biasanya, saat ngantuk kemudian cuci muka akan mengurangi rasa kantuk.

Mudah-mudahan tips sederhana ini, mengurangi rasa kantuk ketika belajar di sekolah, bermanfaat. Terima kasih.

Saya hanyalah seorang guru non-profesional sekaligus blogger yang selalu berusaha belajar dan...belajar serta mengajar di dunia maya maupun alam nyata.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »