Mengidentifikasi Masalah Aktual Pembelajaran

Mengidentifikasi Masalah Aktual Pembelajaran – Jika direnungkan dengan seksama, pembelajaran yang berlangsung di ruang kelas termasuk kegiatan yang cukup unik. 

Guru menghadapi sekian murid dengan latar belakang karakter yang berbeda. Mengendalikan semua karakter tersebut dalam tempat dan waktu sama bukanlah pekerjaan mudah.

Karakter anak yang heterogen sering menimbulkan berbagai persoalan dalam mengelola pembelajaran. Jika tidak sabar, bisa jadi guru akan marah melulu dan “makan hati” menghadapi tingkah polah dan kelakuan siswa. Inilah sesungguhnya yang mendasari ide penelitian tindakan kelas (PTK). 


mengidentifikasi masalah,masalah pembelajaran

Keberadaan sebuah kurikulum akan menjadi sebuah dokumen “mati” belaka jika tidak dilakukan berbagai pembenahan dalam pelaksanaan pembelajaran. Sebaliknya, kurikulum tersebut akan benar-benar potensial meningkatkan mutu pendidikan jika guru berperan sebagai peneliti dalam pembelajaran.

Kegiatan penelitian guru dimulai dari fakta masalah yang dihadapi guru dan  proses identifikasi permasalahan aktual yang dirasakan guru dalam mengajar. Masalah adalah sesuatu yang tidak sesuai perencanaan dan keinginan guru terhadap proses mupun hasil pembelajaran. Misalnya:

Siswa sulit mencapai ketuntasan belajar ulangan harian pada mata pelajaran X konsep Y.

Setelah diidentifikasi ditemukan berbagai masalah seperti berikut ini:
a.Siswa kurang antusias mengikuti pelajaran

b.Siswa sering minta izin meninggalkan kelas

c.Siswa tidak mau bertanya selama pembelajaran berlangsung

d.Ada siswa yang sering bolos belajar

e.Siswa sering ngobrol dengan temanya ketika guru menerangkan pelajaran.

Dari sekian butir masalah yang berhasil diidentifikasi, guru tidak mungkin menganalisa semuanya. Oleh sebab itu perlu diambil permasalahan mana yang paling pokok dan aktul serta bisa dicarikan solusinya. 

Jika guru sudah menentukan permasalahan aktual dan penting, langkah selanjutnya adalah merencakan tindakan apa yang akan dilakukan pada pembelajaran berikutnya. Baca juga: Tujuan dan Manfaat PTK bagi Guru

Share this :

0 Response to "Mengidentifikasi Masalah Aktual Pembelajaran"

Poskan Komentar