5 Tips Agar Guru Tampil Prima di Depan Kelas

5 Tips agar Guru tampil prima di depan kelas – Tugas mengajar di depan kelas menuntut adanya penampilan yang prima dari seorang guru. 

Tampil sehat, bugar dan penuh semangat di hadapan peserta didik. Penampilan prima ini akan mempengaruhi semangat dan kegairan siswa untuk mengikuti pelajaran.

Selain itu, penampilan yang prima akan mendukung "penampakan" profesionalisme guru secara optimal. Ini berarti bahwa betapapun profesionalnya guru belum berarti banyak tanpa didukung oleh penampilan prima di depan kelas. 

Begitu juga pakaian dinas yang bagus semata, belum cukup untuk menunjukkan tampilan guru di hadapan siswa.


tips,tampil prima.mengajar

Kesibukan guru menghadapi kurikulum baru 2013 tidak tanggung-tanggung. Sosialisasi dan pembuatan perangkat mengajar akan menguras banyak energi guru. Mengikuti penataran dan pelatihan yang menyebabkan materi pelajaran akan tertinggal sehingga harus menggantinya kembali pada sore hari.

Guru sertifikasi mengajar sebanyak 24 jam per minggu, dimana dalam satu hari guru masuk kelas antara 4 sampai 6 jam pelajaran. Belum lagi menghadapi tingkah polah siswa yang sering tidak mengenakkan hati, sering membuat guru "makan hati".

Bagaimana pun sistem yang berlaku di sekolah maupun karakter anak didik,  guru harus tampil prima ketika mengajar. Tidak lesu dan kurang gairah, merasa kurang sehat jasmani. 

Sebaliknya guru terlihat tampil fresh di hadapan siswa. Inilah beberapa tips agar tampil prima di depan kelas:

1.Minum air putih yang cukup

Minum air putih yang cukup, minimal 8 gelas per hari akan membuat sirkulasi dan aneka proses yang berlangsung dalam tubuh menjadi seimbang. Mengembalikan cairan tubuh yang hilang sehingga memungkinkan seseorang untuk tampil segar dan bersemangat.

2.Konsumsi buah dan sayur yang cukup

Buah-buahan maupun sayuran banyak mengandung vitamin dan mineral yang membuat tubuh lebih sehat. Sistem biologis tubuh akan lancer dan seimbang. Oleh sebab itu sempatkan mengkonsumsi buah dan sayur yang cukup.

3.Sarapan pagi yang cukup

Sarapan pagi penting artinya untuk membangun energi tubuh menghadapi aktivitas mengajar sampai beberapa jam ke depannya. Mengajar merupakan aktivitas yang banyak memerlukan kalori dan salah satunya dipasok melalui bahan makanan sarapan pagi.

4.Relaksasi

Melakukan kegiatan relaksasi mungkin bisa pada jam istirahat. Usahakan bersandar pada sandaran kursi dan memejamkan mata beberapa menit. Ini cukup berarti untuk memulihkan kondisi tubuh.

5.Merasa optimis

Mengajar adalah tugas mulia. Mencerdaskan otak dan mengubah tingkah laku anak bangsa menjadi lebih bagus. Tugas itu pasti akan mendatangkan kebaikan dan kemaslahatan kepada diri guru. Oleh sebab itu guru perlu merasa optimis dalam melaksanakan tugas.

Share this :

0 Response to "5 Tips Agar Guru Tampil Prima di Depan Kelas"

Poskan Komentar