10 Upaya Memperkuat Peran Strategis Guru

10 Upaya Memperkuat Peran Strategis Guru

10 Upaya memperkuat peran strategis guru – Guru berperan strategis dalam mencerdaskan dan membentuk karakter anak bangsa. Peran ini dinilai penting  karena para guru dapat berinteraksi secara langsung dengan peserta didik. Interaksi tersebut berjalan dalam suatu proses belajar dan mengajar (PBM) di dalam maupun di luar kelas.

tips,cara,peran guru

Corak dan warna pembelajaran adalah cerminan dari bagaimana seorang guru dalam mengelola pembelajaran. Begitu pula hasil yang diperoleh setelah menjalankan pembelajaran. Sangat beralasan, pemerintah menetapkan tema hari guru nasional dan PGRI ke 69 “Mewujudkan Revolusi Mental Melalui Penguatan Peran Strategis Guru”


Memperkuat peran strategis guru dalam pendidikan memerlukan perubahan sikap mental positif. Guru dapat beradaptasi dengan perubahan-perubahan alam, sosial dan budaya yang terjadi di tengah masyarakat di mana bertugas. Selain itu perlu mempelajari dan memahami karakteristik siswa maupun masyarakat di sekitarnya.

Untuk memperkuat peran strategis guru dalam pendidikan, paling tidak perlu 10 upaya perubahan sikap mental positif pada guru:
1.Menempatkan diri sebagai pembimbing siswa dalam belajar.
2.Memahami karakter siswa dan lingkungan sekolah.
3.Memiliki kepribadian yang utuh sebagai pendidik professional.
4.Selalu melakukan eksperimen terhadap proses mengajar yang dilakukan.
5.Mempunyai motivasi dan etos kerja tinggi.
6.Optimis mampu menciptakan pembelajaran yang berkualitas.
7.Mempunyai wawasan dan pengetahuan yang luas.
8.Meningkatkan kemampuan berkomunikasi dengan peserta didik.
9.Menguasai tugas pokok dan fungsi dalam pendidikan.
10.Berusaha tampil prima di depan peserta didik.

Kesepuluh upaya tersebut masih dapat dijabarkan menjadi yang lebih spesifik. Mudah-mudahan upaya memperkuat peran strategis guru akan terwujud. Terima kasih.

Posting Komentar