Pentingnya Menguasai Karakter Siswa

Pentingnya menguasai karakter siswa (2) – Karakter siswa dalam sebuah kelas akan berbeda satu sama lainnya. Jika kelas dihuni oleh 30 siswa maka karakter yang akan muncul juga sebanyak itu. Karakter siswa dalam pembahasan ini adalah tipe belajar, minat dan kemauan belajar, serta sikap dan tingkah laku siswa yang sering muncul. Baca: 7 Tipe Belajar Siswa

Menguasai berbagai karakter siswa termasuk salah satu strategi sukses mengajar yang bersifat non-teknis.  Hal ini sering luput dari perhatian guru. Kebanyakan guru terpaku pada strategi mengajar yang bersifat teknis.

menguasai,karakter,siswa

Selain karena sistem manajemen pendidikan di sekolah, juga karena anggapan bahwa keberhasilan pembelajaran ditentukan oleh strategi teknis semata. Misalnya, strategi perencanaan pembelajaran tertulis, penilaian pembelajaran, dan lain sebagainya. Namun suatu saat guru akan tercengang jika menghadapi masalah dalam pembelajaran karena kurang mempertimbangkan strategi non teknis, menguasai karakter siswa misalnya.

Apa pentingnya guru menguasai karakter siswa? Secara umum, menguasai karakter siswa bertujuan:

(a).mempermudah guru dalam memberikan pelayanan kepada siswa.
Mengajar itu berarti, memberikan pelayanan terbaik kepada siswa melalui interaksi timbal-balik melalui proses belajar dan mengajar. Dengan memahami karakter siswa, corak dan nuansa pembelajaran diarahkan sesuai dengan karakteristik siswa dalam satu kelas.

(b).mempertimbangkan strategi dan metode yang akan diterapkan dalam pembelajaran.
Tidak satu pun metode pembelajaran yang dianggap paling bagus kecuali yang sesuai dengan karakteristik siswa. Ini sudah sering ditulis dalam berbagai artikel di blog ini. Maka strategi guru yang utama adalah memahami minat, kemauan dan kemampuan siswa dalam kelas.

(c).mempermudah guru untuk mengurangi hambatan yang mungkin timbul dalam mengajar.

Prilaku menyimpang yang akan ditunjukkan siswa sudah diperkirakan sebelumnya oleh guru setelah menguasai karakter siswanya. Diperkirakan maksudnya, guru sudah memiliki konsep alternatif pemecahan masalah yang mungkin timbul selama pembelajaran. Jika siswa bertindak begini, maka ini jalan keluarnya. Baca juga: Strategi Mengelola Kelas dengan Baik

Jika ternyata siswa benar-benar menunjukkan perilaku menyimpang dan menghambat jalannya pembelajaran, guru tak perlu lagi banyak kehilangan waktu. Membuang waktu untuk menasehati apalagi untuk memarahi siswa.

Share this :

4 Responses to "Pentingnya Menguasai Karakter Siswa"

  1. gitu yah strateginya, menyesal aku dulu waktu sekolah dikelas belajarnya ga konsen, mungkin masuk dalam kategori c hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin banyak yang mengganggu pemikiran waktu kali ya mbak? Hehehe...

      Hapus
  2. Alhamdulillah nambah wawasan dari artikel ini,setelah saya baca kayaknya bisa diterapkan juga diluar kelas,artinya bukan hanya untuk siswa/murid di sekolah saja namun disebuah perusahaan yang punya banyak karyawan penting juga menguasai karakter pegawai.Terimakasih Pak Guru,saya akan coba pelajari nih heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mas Dede. Prinsip menguasai karakter siswa bisa diterapkan di kembangkan pada perusahaan yang banyak karyawan...

      Hapus