5 Tips Membuat Anak Gemar Membaca

5 Tips Membuat Anak Gemar Membaca

5 Tips membuat anak gemar membaca – Basis pendidikan anak sesungguhnya berada di lingkungan keluarga. Orang tua adalah guru sekaligus pendidik utama dalam pembentukan karakter dan kepribadian anak. Maka pantaslah, orang tua paling mengetahui bagaimana karakter maupun kepribadian anaknya,  ketimbang guru di sekolah.

Orang tua juga paling tahu bagaimana kesukaan, minat, bakat dan kegemaran anak. Ini menjadi landasan strategis untuk menciptakan iklim budaya membaca pada anak. Lalu bagaimana strategi yang perlu dilakukan oleh orang tua? Berikut adalah Tips menciptakan anak suka membaca:
tips,gemar,membaca,anak

1.Slogan penting tentang membaca

Buat slogan penting yang berkaitan dengan membaca dan ditempel pada dinding pada tempat strategis seperti kamar anak, ruang makan, atau dapur. Misalnya, Tiada hari tanpa membaca, Membaca adalah gudang ilmu pengetahuan, dan masih banyak yang lain.

2.Memberi penghargaan

Orang tua perlu membiasakan untuk memberi reward (penghargaan) berupa buku atau majalah kepada anak. Buku disini bukan buku tulis sebagaimana lazimnya hadiah yang diberi di sekolah. Buku yang diberikan sebagai hadiah adalah buku bacaan, majalah atau bulletin yang sesuai kesukaan anak. Momen ini misalnya ketika anak berhasil meraih peringkat tertentu di sekolah.

3.Memberi kado ulang tahun

Jika anak berulang tahun jangan lupa memberi kado berupa buku atau majalah kesukaan anak, di samping hadiah lainnya. Begitu pula jika teman sang anak berulang tahun, anjurkan untuk memberi kado ulang tahun berupa buku atau majalah.

4.Ajak anak ke pustaka atau taman bacaan

Ketika liburan sekolah, ada baiknya mengajak anak untuk berkunjung ke taman bacaan atau ke perpustakaan daerah. Selain untuk refreshing (penyegaran fikiran) juga memberi wawasan kepada anak betapa banyak jenis dan jumlah buku penting dan bermanfaat untuk dibaca.
Baca juga : Menumbuhkan Budaya Membaca di Lingkungan Keluarga

5.Contoh dan teladan

Untuk membuat anak jadi gemar membaca tidak cukup dengan menyuruh semata. Kebiasaan membaca perlu ditunjukkan oleh orang tua sehingga dapat ditiru oleh anak. Tentu saja hal ini mutlak dilakukan oleh orang tua dalam menularkan budaya baca di lingkungan keluarga. 

Posting Komentar