5 Tips Penting Memulai Menulis untuk Siswa

5 Tips penting memulai menulis untuk siswa – Sebenarnya banyak yang ingin ditulis. Banyak ide tulisan yang sudah bersarang di fikiran. Namun entah mengapa, ketika hendak memulai menulis. Semua ide dan apa yang hendak ditulis, seakan melayang begitu saja. Lepas bagai burung terbang. Akhirnya anda terpaksa menghentikan keinginan untuk membuat tulisan.

Kejadian seperti ini sering kali dialami oleh siswa. Sebenarnya bukan siswa saja yang mengalaminya, guru pun kadang-kadang mengalaminya. Kesulitan memulai menulis , inilah salah satu hambatan cukup serius dialami siswa. Simak juga: Menulis Itu Gampang Susah

Apakah siswa tidak memiliki bekal untuk tulis-menulis? Tidak. Peserta didik sudah memiliki bekal dasar untuk keperluan menulis. Barangkali tidak hanya guru bahasa Indonesia. Guru mata pelajaran lain pun sering mendorong dan mengajarkan siswa untuk menulis. Paling tidak membuat laporan berkaitan dengan tugas mata pelajaran.

Sebagai alternatif untuk mengatasi hal tersebut, uraian berikut ini mungkin bermanfaat bagi siswa untuk memulai menulis.

tips,menulis,artikel

1.Tulislah segera

Apa yang terasa ingin ditulis, maka tulislah sesegera mungkin di kertas draft. Meskipun itu hanya sanggup satu atau dua kalimat saja. Jangan biarkan ide yang sudah ada melayang begitu saja. Ibarat burung maka tangkaplah burung itu segera.

Intinya, tangkap segera ide yang sudah muncul di fikiran. Usahakan tidak banyak memikirkan kalimat yang baik terlebih dulu. Mengenai kalimat yang baik dan benar, atau teori menulis yang benar, itu urusan belakangan.

Jika sudah kehabisan ide untuk menulis, simpan baik-baik apa yang telah berhasil ditulis. Suatu saat akan dilihat kembali, ditambah jika ada ide yang muncul. Ikuti juga: Tips Praktis Membiasakan Anak Menulis di Rumah

2.Memulai dari yang sederhana

Mulailah menulis dari hal-hal yang sederhana dan dianggap paling mudah. Ini bertujuan untuk membiasakan menulis. Pengalaman sehari-hari merupakan contoh sederhana untuk dituangkan melalui tulisan. Bagi yang sudah mempunyai buku diari, tentu menjadi lebih mudah untuk menulisnya menjadi sebuah artikel.

3.Yakin bisa membuat tulisan

Keyakinan untuk bisa menulis menjadi sebuah motivasi yang baik untuk memulai kegiatan menulis. Buang jauh-jauh perasaan  bahwa tulisan yang dibuat tidak bermanfaat dan tidak menarik bagi orang lain. Ketahuilah, menarik atau tidak sebuah tulisan tergantung siapa orang yang membacanya.

4.Pendam dan baca ulang

Tulisan yang sudah jadi sekian paragraf sebaiknya dipendam terlebih dulu. Kemudian baca kembali berulang-ulang. Saat ini mungkin saja akan muncul ide untuk menambahkan sesuatu yang perlu atau mengurangi hal yang tak perlu.

5.Minta bantuan orang lain

Siswa bisa meminta bantuan guru atau orang tua untuk mereview (meninjau) tulisan yang telah dibuat. Bagaimana struktur kalimat, ejaan dan tanda bacanya. Mungkin untuk satu atau dua tulisan perlu bantuan orang lain melakukan peninjauan ini.

Demikianlah 5 tips memulai kegiatan menulis untuk siswa. Semoga dengan rajin berlatih, siswa tidak mengalami kesulitan lagi untuk memulai kegiatan menulis. Gilirannya nanti, hasil tulisan siswa bisa dipublikasikan melalui mading sekolah, media cetak maupun media internet seperti blog. Bukan mustahil dapat menghasilkan uang sehingga menambah uang saku untuk sekolah.

Share this :

1 Response to "5 Tips Penting Memulai Menulis untuk Siswa"

  1. kalau boleh tanya ni pak, bagaimana ya agar minat menulis siswa itu selalu meningkat, sebab saat ini banyak sekali siswa yang malas menulis :D

    BalasHapus