Tips dan Cara Mempersiapkan UN

Tips dan Cara Mempersiapkan UN

Tips dan cara Mempersiapkan UN – Ujian nasional (UN) Tahun 2015 akan berlangsung pertengahan April 2015. Berdasar jadwal yang dikeluarkan kemendikbud RI, ujian nasional diawali oleh siswa tingkat SMU/Sederajat (13 s/d 15 April) , kemudian tingkat SMP/Sederajat (04 s/d 07 Mei dan diakhiri oleh siswa tingkat SD/Sederajat di pertengahan Mei 2015.

Meskipun pelaksanaan UN masih cukup lama, siswa perlu berbenah diri mulai dari sekarang. Bagi yang masih santai belajar masih belum terlambat untuk membenahi diri, mempersiapkan segala sesuatunya yang berkaitan dengan pesta nasional dunia pendidikan itu.

tips,cara,mempersiapkan,un

Bagi siswa SMA/Sederajat, pertarungan dalam UN tidak hanya sekadar meraih prediket lulus. Lebih jauh dari itu adalah memenuhi salah satu persyaratan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Untuk itu berikut ini ada beberapa tips dan cara mempersiapkan UN 2015:

1.Persiapan pisik dan psikis

Persiapan dalam menghadapi ujian dalam pengertian ini menyangkut kesiapan fisik dan psikis. Materi pelajaran yang diujikan perlu dipertajam. Kondisi tubuh harus dalam kondisi fit agar fikiran tidak terganggu dalam mengerjakan ujian.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah istirahat dan mengkonsumsi makanan dan buah-buahan yang cukup.  Di samping itu siswa perlu menyiapkan sikap mental yang tenang dan sabar. Kegelisahan menghadapi ujian nasional hanya akan menguras energi psikis.

2.Atur jadwal belajar khusus di rumah

Di sekolah sudah dibuat dan dijalankan jadwal khusus belajar tambahan sore. Namun di rumah sebaiknya juga dibuat jadwal belajar khusus. Tetapkan mata pelajaran tertentu untuk diulang secara khusus di rumah.

Misalnya, mengulang kembali mata pelajaran IPA selama 3 hari berturut-turut. Dalam jangka waktu ini hanya mata pelajaran IPA yang menjadi pusat perhatian. Begitu seterusnya untuk mata pelajaran yang lain.

Segala bahan belajar berupa buku catatan, buku PR, dan buku lainnya dikumpulkan menjadi satu. Kalau perlu dimasukkan ke dalam kardus sehingga mudah mencarinya ketika mengulang pelajaran.

3.Ikuti program belajar tambahan sore

Umumnya sekolah mengadakan program belajar tambahan sore. Tujuannya untuk membekali siswa dengan lebih banyak contoh soal dan latihan yang berpedoman kepada arsip soal ujian tahun-tahun sebelumnya. Selain itu juga dibekali dengan strategi menjawab soal ujian. Manfaatkanlah kesempatan ini dengan baik.

4.Ikuti kursus

Jika ada mata pelajaran tertentu yang dianggap paling rumit, atau ingin mempelajarinya lebih dalam, mungkin dilengkapi juga dengan mengikuti lest private. Mengikuti program bimbingan belajar. Tentu saja kegiatan ini dilakukan bila masih mempunyai waktu luang dan memungkinkan.

5.Jangan lalai beribadah

Yang tak kalah penting adalah rajin beribadah. Berdoa dan melaksanakan amal saleh karena hal ini menjadi sandaran jiwa bagi siswa untuk mewujudkan impiannya agar berhasil mengikuti ujian nasional dengan baik.

Meminta restu kepada kedua orang tua, saudara atau famili lainnya agar didoakan supaya lulus ujian. Restu dan doa orang tua diyakini mampu meringankan langkah sang anak untuk melakukan suatu perjuangan. Perjuangan menghadapi ujian nasional 2015. Semoga.

Posting Komentar