5 Penyebab Gangguan Penglihatan Siswa

5 Penyebab Gangguan Penglihatan Siswa

5 Penyebab gangguan penglihatan siswa -  Mata adalah salah satu organ tubuh yang sangat vital bagi manusia. Sebagai alat indra penglihatan, organ mata perlu mendapat pemeliharaan yang baik. Mencegah dari hal yang dapat menyebabkan kelainan pada bagian mata.

Memelihara kesehatan mata berarti menjaga atau mengindari hal-hal yang dapat menyebabkan gangguan atau kelainan penglihatan. 

Gangguan penglihatan seseorang umumnya  berawal dari kelainan yang dialami oleh lensa mata. Lensa mata tidak dapat berakomodasi sebagaimana mestinya.

penyebab,penglihatan,terganggu

Lensa mata akan berakomodasi secara maksimum apabila melihat benda yang terlalu dekat dengan mata. Sebaliknya, akan berelaksasi atau berakomodasi secara minimum apabila melihat benda yang jauh. Mata yang berakomodasi seperti ini disebut mata normal.

Pada umumnya, siswa akan mengalami gangguan penglihatan miopi.  Siswa kurang jelas melihat benda yang terlalu jauh karena lensa mata tidak dapat berelaksasi sebagaimana mestinya. Mengapa terjadi seperti ini?

Penyebabnya adalah kebiasaan-kebiasaan salah yang sering dilakukan siswa dalam melakukan aktivitas belajar. 

Ada 5 kebiasaan salah yang harus dihindari siswa agar terhindar dari gangguan penglihatan:

1.Menonton siaran televisi terlalu dekat ke layar TV.

2.Terlalu sering menatap layar komputer, laptop dan mobile dalam jarak dekat.

3.Membaca buku terlalu dekat ke mata. Jarak baca antara buku dengan mata yang ideal adal 30 cm.

4.Penggunaan lampu kamar yang terlalu terang atau terlalu redup.

5.Sering membaca ketika posisi tiduran telentang

Demikianlah 5 penyebab utama gangguan penglihatan yang perlu dihindari oleh siswa. Mudah-mudahan artikel ini ada manfaatnya.

Posting Komentar