5 Penyebab Gangguan Penglihatan Siswa

5 Penyebab gangguan penglihatan siswa -  Mata adalah salah satu organ tubuh yang sangat vital bagi manusia. Sebagai alat indra penglihatan, organ mata perlu mendapat pemeliharaan yang baik. Mencegah dari hal yang dapat menyebabkan kelainan pada bagian mata.

Memelihara kesehatan mata berarti menjaga atau mengindari hal-hal yang dapat menyebabkan gangguan atau kelainan penglihatan. 

Gangguan penglihatan seseorang umumnya  berawal dari kelainan yang dialami oleh lensa mata. Lensa mata tidak dapat berakomodasi sebagaimana mestinya.

penyebab,penglihatan,terganggu

Lensa mata akan berakomodasi secara maksimum apabila melihat benda yang terlalu dekat dengan mata. Sebaliknya, akan berelaksasi atau berakomodasi secara minimum apabila melihat benda yang jauh. Mata yang berakomodasi seperti ini disebut mata normal.

Pada umumnya, siswa akan mengalami gangguan penglihatan miopi.  Siswa kurang jelas melihat benda yang terlalu jauh karena lensa mata tidak dapat berelaksasi sebagaimana mestinya. Mengapa terjadi seperti ini?

Penyebabnya adalah kebiasaan-kebiasaan salah yang sering dilakukan siswa dalam melakukan aktivitas belajar. 

Ada 5 kebiasaan salah yang harus dihindari siswa agar terhindar dari gangguan penglihatan:

1.Menonton siaran televisi terlalu dekat ke layar TV.

2.Terlalu sering menatap layar komputer, laptop dan mobile dalam jarak dekat.

3.Membaca buku terlalu dekat ke mata. Jarak baca antara buku dengan mata yang ideal adal 30 cm.

4.Penggunaan lampu kamar yang terlalu terang atau terlalu redup.

5.Sering membaca ketika posisi tiduran telentang

Demikianlah 5 penyebab utama gangguan penglihatan yang perlu dihindari oleh siswa. Mudah-mudahan artikel ini ada manfaatnya.

Share this :

18 Responses to "5 Penyebab Gangguan Penglihatan Siswa"

  1. Gangguan penglihatan siswa bisa menyebabkan proses blajar mengajar jd terganggu. tp kenapa anak yg pandai rata rata pada berkaca mata.. apa ada hubungan antara kacamata dengan Kepandaian anak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, saya enggak ada hubungannya, mas Fazri. Hanya saja, anak pandai itu lebih banyak membaca dan kadang-kadang kebiasaannya salah dalam membaca buku.

      Hapus
  2. terimakasih infonya mas :)
    saya tiap hari selalu menatap layar komputer mas semoga saja penglihatannya tetap normal hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin sebaiknya posisi komputer dimiringkan ke arah jendela atau sumber cahaya mbak. Dengan demikian bisa divariasikan antara menatap komputer dengan menoleh ke luar jendela seraya melihat tumbuhan hijau...hehehe.

      Hapus
  3. Info yang bermaanfaat.
    Harusnya kalau sering melakukan atau menonton dan menatap layar komputer memang harus gunakan pelindung. Selain itu mengkonsumsi buah yang mengandung vitamin C juga sangatlah penting.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mas Arif...Menghindari gangguan mata juga dilakukan dengan melindungi mata ketika menatap komputer serta konsumsi sayur dan buah yang cukup...

      Hapus
  4. Kadang kalau tidak kelihatan itu jarang tulisan sama mata lumayan berjauhan jadi efeknya burem mas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buram berarti kurang jelas atau lensa mata tidak dapat memfokuskan bayangan tulisan, mbak...

      Hapus
  5. kategori diatas yang tergolong penyebab gangguan penglihatan termasuk kategori untuk mengatasi belajar siswa yang sering kali lupa nonton tv ya pak, mantab nih artikelnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya yang suka nonton TV terlalu dekat ya mas...? Anak sekolah memang suka nonton TV seperti itu, mas. Katanya, kalau nggak didekatkan nggak asyik...

      Hapus
  6. kalo sekarang hp kayaknya yg nggeka pernah lepas dari pandangan mata

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas Wong. Bahkan hp itu lebih cepat menyebabkan gangguan penglihatan karena umumnya sering digunakan terlalu dekat dengan mata...

      Hapus
  7. Yah, banyak trman-teman ishmah yang make kacamata,, alhamdulillah ishmah engga...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bearti Ishma telaten dong merawat mata...hehehe.

      Hapus
  8. Saya sering banget baca sambil tiduran pak. Mata terasa banget cepat capeknya... Nice share

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, mas Hendra... Kadang-kadang memang enak kalau membaca buku sambil tiduran. Bahkan, supaya cepat ngantuk dan tertidur, orang sering membaca buku sambil tiduran...

      Hapus
  9. point ke 2 saya sering saya lakukan pak,pantas saja mataku kadang suka buram.terimakasihinfonya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mbak Devi...Mungkin posisi duduk ketika menghadap layar komputer/laptop diubah, mbak...

      Hapus