Memilih Sekolah untuk Anak

Memilih sekolah untuk anak - Sudah pasti, orang tua berperan besar dalam menentukan dan memilih sekolah untuk anak. Namun peranan tersebut bukan berarti harus memaksakan keinginan terhadap anak. 

Peran orang tua yang utama adalah membimbing dan mengarahkan anak dalam memilih sekolah sesuai kemauan dan kemampuan anak.

Memaksa anak untuk memilih sekolah tertentu akan berdampak tidak baik terhadap anak tersebut. Anak akan merasa tertekan dan malas belajar. Akhirnya sang anak tidak menunjukkan prestasi belajar yang memuaskan.

memilih sekolah,sekolah anak

Sebagian orang tua sering keliru dalam menilai sebuah sekolah. Sering dianggap sekolah yang baik itu adalah sekolah dengan biaya mahal. Sekolah mahal akan memiliki kualitas yang lebih baik dari sekolah lain yang biayanya lebih murah. Padahal, sekolah yang baik itu tidak ditentukan oleh biaya pendidikan di sekolah itu.

Kadang-kadang orang tua terjebak oleh ambisi dalam memilih sekolah untuk anak. Menyekolahkan anak di sekolah mahal seakan menjadi sebuah prestise. Sekolah mahal dapat menunjukkan status sosial para orang tua. 

Tidak membuat kita heran, ketika orang tua sangat berambisi menyekolahkan anak ke sekolah favorit atau sekolah unggul.

Lalu bagaimana semestinya pandangan orang tua dalam memilih sekolah untuk anak? Sesuai perkembangan dan dinamika kehidupan kekinian. 

Sekolah yang baik bagi anak adalah sekolah yang memberikan layanan pembelajaran berorientasi kepada nilai-nilai sikap dan pendidikan karakter anak, mengedepankan aspek akhlak, moral dan budi pekerti luhur tanpa mengesampingkan aspek intelektual dan keterampilan atau kecakapan hidup.

Sekolah yang baik terlihat dari bagaimana perapan disiplin belajar. Budaya dan kebiasaan baik serta nilai-nilai spiritual lainnya yang tercermin dalam proses perjalanan kegiatan sekolah setiap hari. 

Sekolah yang mengedepankan semua aspek diatas akan menjadi sekolah favorit atau unggulan oleh orang tua untuk menyekolahkan anaknya.

Share this :

14 Responses to "Memilih Sekolah untuk Anak"

  1. pendidikan karakter dan moral sang anak memang tidak boleh di kesampingkan

    terima kasih pencerahanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, mas. Mengingat perkembangan sampai hari ini, mungkin sangat diperlukan sekolah yang berorientasi pada karakter dan moral anak...

      Hapus
  2. Memilih sekolah untuk anak gak semudah memilih sayuran di pasar ya dah......harus ektrak hati2....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju, mas. Perlu pertimbangan tertentu apakah sesuai dengan minat dan kemauan anak serta bagaimana pelayanan sekolah dalam pendidikan karakter...

      Hapus
  3. ini cocok sekali pak jika orang tua yang ingin menyekolahkan anaknya, setidaknya bisa cari sekolahan terbaik yang sesuai dengan keinginan anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah sesuai keinginan anak, biasanya ia akan tekun belajar pada sekolah itu, mas Purnama.

      Hapus
  4. Aanak anak memang butuh masa depan , tapi kadang kita tidak punya uang cukup

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak yang berkemauan tinggi untuk sekolah kemudian berprestasi sementara orang tua kurang mampu, biasanya dibantu oleh pihak sekolah melalui program beasiswa, anggaran dana BOS, dll., Kang...

      Hapus
  5. Tentunya orang tua pasti akan memilihkan sekolah yang terbaik buat anaknya. namun semua itu juga harus di lihat dari faktor ekonominya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, mas Roli. Faktor ekonomi perlu dipertimbangkan terutama berkaitan dengan buku, akomodasi, pakaian seragam, dsb....

      Hapus
  6. pendidikan hal yang sangat vital bagi anak untuk masa depannya akan jadi apa ia nantinya sangat dipengaruhi oleh pendidikan

    BalasHapus
  7. memang harus diperhatikan yamas uda kalo masukin anak sekolah.tapi saya dulu tersendat ekonomi mas jadi masuknya sekolah yang murah dan banyak teman yang jarang masuk lah,kabur lah.tapi guru kadang tak memperdulikan..atau memang sudah bosan marahin murid tersebut.
    orang tua memang harus memperhatikan sekolah yang baik untuk anaknya, agar setelah lulus si anak jadi bermoral dan cerdas..

    BalasHapus
  8. semua sekolah itu baik karena memberikan kepada siswanya, namun yang membedakan pastilah kualitasnya ada yang kualitas baik dan ada juga yang sebaliknya :)

    BalasHapus