Tetaplah Berjibaku Mempersiapkan UN

Tetaplah berjibaku mempersiapkan un – Kali ini akan diturunkan sebuah artikel yang dianggap eksklusif.  Bertujuan untuk memberi dukungan penuh kepada putri admin matrapendidikan.com. Putri admin, Nadya Mayestika, akan berjuang menghadapi ujian nasional (UN) Tahun 2015 ini di SMU Negeri 3 Batusangkar, Sumatera Barat.

Seperti diketahui, UN tingkat SMU/K tahun ini akan dilaksanakan 13 sd 15 April 2015.  Adanya keputusan pemerintah tentang kelulusan siswa dari satuan pendidikan, bukan berarti ujian yang akan dilaksanakan itu tidak penting. 

Benar, UN memang tidak menentukan lulus tidaknya siswa dari suatu sekolah. Akan tetapi, UN masih diperlukan untuk pengendali mutu pendidikan di tingkat sekolah sampai tingkat nasional.

berjibaku,mempersiapkan,un

Selain itu, sertifikat Hasil Ujian Nasional (SHUN) berguna untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Jika sertifikat yang dikeluarkan oleh sekolah bernilai rendah, tentu menjadi pertimbangan juga bagi perguruan tinggi. Selain itu hasil UN masih dipergunakan dalam pengambilan kebijakan oleh pihak terkait untuk memberikan bimbingan maupun beasiswa.

Jadi, jangan anggap enteng UN. Tetaplah berjibaku mempersiapkan Ujian Nasional yang tinggal beberapa hari lagi. Fokuskan perhatian pada ujian, jangan pikirkan hal-hal lain yang tidak berkaitan dengan ujian. Pokoknya, singkirkan semua pemikiran yang akan mengganggu konsentrasi mempersiapkan UN.

Ikuti terus kegiatan belajar di sekolah dengan penuh semangat. Jangan merasa letih untuk belajar pada bimbingan belajar yang sudah dijalani. Semakin rajin berlatih semakin besar kemampuan untuk beradaptasi dengan soal-soal ujian nasional.

Ibadah dan doa adalah dua hal penting bagi seorang siswa dalam mewujudkan impiannya. Jangan sampai lalai beribadah dan berdoa kepada Allah SWT karena saking asyiknya berjibaku mempersiapkan UN.

Menjaga kesehatan, mengkonsumsi buah dan sayur, serta banyak meminum air putih. Adalah kiat-kiat sederhana namun dinilai jitu dilakukan oleh siswa agar kondisi pisik tetap prima saat menghadapi UN.

Orang tua pasti memberikan dukungan kepada anaknya untuk berjuang menghadapi UN yang akan datang. Berjuang dalam memberikan doa dan semangat semoga sukses menghadapi UN. Selamat berjuang…

22 Responses to "Tetaplah Berjibaku Mempersiapkan UN"

  1. sudah pasti mesti dipersiapkan dengan matang, supaya hasil un bisa maksimal, dan bisa melanjutkan ke PT idaman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya begitu, mas Wong. Ia sudah persiapkan untuk lulus namun persaingan melanjutkan ke PT sangat sulit, terutama SNMPTN...

      Hapus
  2. moga dimudahkannya ya putrinya uda dalam melahap soal" ujian dan lulus dengan nilai yang memuaskan :)

    BalasHapus
  3. UN sudah di depan mata yaa, semoga lancar menghadapi UNnya. Good luck :)

    BalasHapus
  4. gud luck UN nya, setelah melakukan persiapan tentunya akan lebih baik..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah-mudahan dengan persiapan yang matang semuanya berjalan lancar, mas Hendri...

      Hapus
  5. agar mendapat nilai yg bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin. Terima kasih mas Wahab...

      Hapus
  6. Saya turut mendoakan Mas Uda, semoga putrinya diberi kemudahan dan kelancaran serta mampu mengerjakan soal-soal UN yang udah di depan mata... sukses slalu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin. Terima kasih atas doannya mas Marnes...

      Hapus
  7. harus siap menghadapi un, lagi beberapa minggu lagi !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tul mas Roli. Mudah-mudahan mereka juga menjaga agar kondisi fisik tetap terjaga....

      Hapus
  8. Nggak terasa UN sudah dekat setahun lagi kita mempersiapkan siswa-siswa disela-sela kesibukan lain yang begitu banyak, Semoga prestasi putrinya bagus pak hasilnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas doanya, mas Abdullah...

      Hapus
  9. memang harus ada motivasi untuk para peserta didik ya pak, agar mereka tetap semangat dalam menghadapi UN nantinya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju banget, pak Ibrahim. Motivasi itu penting artinya bagi siswa kita untuk mencapai hasil yang baik, termasuk UN...

      Hapus
  10. wah berat ya da mempersipakan UN...apa lagi bagi kaum pendidik
    pasti lelah pikiran dan tenaga...karena semua pasti berharap untuk bisa berjalan dengan baik seperti apa yang diharapkan...saya mendoakan semoga sukses ya da....keep spirits and do the best.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, betul mbah. Katanya putri saya semakin sibuk menghadapi ujian yang tinggal beberapa hari lagi. Itu semua untuk meraih nilai bagus guna mendukung untuk masuk SNMPTN...Semoga ia sukses dan terima kasih doanya, mbah...

      Hapus