Buku Rapor Sebagai Dokumen dan Kenangan

Buku rapor, dokumen dan kenangan – Di minggu pagi nan cerah. Iseng-iseng admin membuka arsip tempoe doeloe buku rapor. Semua buku rapor itu masih disimpan rapi meskipun bentuknya sudah mulai kumal. 

Sesekali anak admin yang sudah mulai beranjak remaja dan dewasa diizinkan membuka dan melihat nilai rapor yang tertera di dalamnya. Apa gunanya buku rapor itu disimpan sampai sekarang?

Pertama, buku rapor itu menjadi sebuah dokumen penting yang bisa dipergunakan setiap waktu untuk memotivasi anak untuk belajar. Ketika anak mulai memperlihatkan gejala malas belajar, perlu diberi sugesti tertentu dengan berbagai cara yang dimiliki orang tua. 

Dan setiap orang tua pasti memiliki cara masing-masing. Misalnya, anak diberi kesempatan melihat buku rapor orang tuanya sendiri. Baca juga: Membaca Buku Rapor Anak

rapor,dokumen,kenangan

Alhamdulillah sampai hari ini, mereka telah menunjukkan hasil belajar yang lebih dari admin sendiri semasa sekolah. Mungkin tepat dikatakan, prestasi belajar anak harus melebihi orang tuanya semasa sekolah.

Kedua, buku rapor itu menjadi sebuah kenangan. Dalam jangka pendek, siswa memang memperoleh nilai di sekolah dalam bentuk angka yang dicantumkan di buku rapor. Itulah yang dinamakan prestasi belajar akademik. 

Jika disimpan baik-baik di tempat yang aman, suatu saat buku rapor ini akan menjadi sebuah dokumen penting sebagai kenangan-kenangan. Buku rapor bisa dijadikan sebagai pengingat nuansa belajar pada masa lalu dan dibandingkan dengan model belajar anak zaman sekarang. Lihat juga: Evaluasi Terhadap Buku Rapor anak

Jika nilai rapor belum bagus, alias nilai prestasi belajar jelek, apakah mesti disimpan juga? Sebaiknya tetap dilakukan demikian. Suatu saat akan dapat dipergunakan untuk memotivasi anak-anaknya belajar. Jika anak bertanya mengapa nilai papa atau mama jelek. Yang malas belajar pasti nilainya jelek dan itu jangan ditiru.

Atau, orang tua bisa berkilah, nilai papa atau mama memang rendah tertulis di buku rapor, tetapi ilmu dari semua mata pelajaran itu sudah dimiliki dan penting untuk menjalani kehidupan. Sekolah tidak hanya mencari nilai belaka, lebih dari itu menimba ilmu pengetahuan yang diberikan guru.

Demikianlah secuil fungsi buku rapor jika disimpan dengan baik. Suatu saat pasti akan berguna untuk memotivasi anak belajar jika sudah menjadi orang tua. Bahkan bisa menjadi sebuah bukti tertulis tentang kisah haru biru semasa menjalani pendidikan di sekolah.

Share this :

0 Response to "Buku Rapor Sebagai Dokumen dan Kenangan"

Poskan Komentar