Mengenal Sekolah Melalui Kegiatan MOS

Mengenal sekolah melalui kegiatan MOS - Masa Orientasi Siswa (MOS) adalah waktu yang digunakan oleh siswa baru untuk mengenal sekolah dan lingkungan belajar yang baru. MOS ini biasanya diadakan selama 3 hari berturut-turut. 

Selama itu siswa baru diperkenalkan tentang sekolah, cara belajar yang baik, disiplin sekolah, dan lain sebagainya.

Jika kegiatan MOS dilaksanakan dengan baik maka siswa baru akan dapat beradaptasi dengan sekolah barunya sehingga siap untuk memulai kegiatan belajar di sekolah itu.

kegiatan MOS,mengenal sekolah

Ini menjadi langkah awal yang baik bagi siswa untuk meraih prestasi belajar yang optimal di sekolah. Baca juga: Manfaat Kegiatan Mos Bagi Siswa Baru

Pelaksanaan MOS yang baik di sekolah tidaklah mengarah pada perpeloncoan. Sebaliknya dilaksanakan dengan sederhana, mudah dan meriah, sehingga menimbulkan kegairahan bagi siswa baru untuk memulai belajar di sekolah. 

Merangsang gairah siswa untuk belajar dengan baik, inilah sesungguhnya inti dari kegiatan MOS di sekolah. Simak juga: Kegiatan MOS Awal Sekolah

Kegiatan MOS di sekolah biasanya diakhiri dengan pemilihan King dan Quin bagi peserta MOS. Pemilihan ini dilakukan oleh panitia MOS yang terdiri dari anggota OSIS dan guru. 

Mereka yang terpilih diharapkan menjadi inspirator bagi siswa di skeolah untuk meningkatkan hasil belajar yang baik. Tidak hanya itu, mereka terpilih juga menjadi contoh dan teladan bagi siswa lain dalam pergaulan sosial di sekolah.

Share this :

11 Responses to "Mengenal Sekolah Melalui Kegiatan MOS"

  1. saya setuju dengan kegiatan MOS asal tidak berlebihan dan menjadi ajang balas dendam kaka kelas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siiip dan saya sangat setuju juga seperti Mas Denny :)

      Hapus
  2. Aduhhh MOS zaman sekarang topinya pake pot lahh zaman saya masih pake kertas karton yang di bentuk kerucut :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lhooo koq masa mos Mbak Wida sama an kaya masa mos saya yah..?

      Hapus
  3. sudah seharusnya kegiatan MOS bisa dilakukan dengan baik tanpa mengandung unsur kekerasan, baik mental maupun fisik, sehingga siswa baru merasa nyaman menjalaninya, pastinya siswa baru nggak akan ketakutan sama kakak kelasnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas...setuju. karena mos itu bukan suatu hal anarkis dan tidak juga sebagai kegiatan pembantaian...dari sini kita bisa mendekatkan dengan penerapan yang benar, maka diperlukan perhatian dan keterlibatan guru dalam MOS ini....

      Hapus
    2. Sippp Mbah + Mas Com saya setuju

      Hapus
  4. mungkin kegiatan MOSnya tidak terlalu berlebihan ya pak bagus, karena pernah saya lihat dan diberita-berita media kegiatan MOS jauh dari nilai pendidikan itu sendiri. :)

    BalasHapus
  5. mos merupakan pembelajaran mental agar murid baru bisa beradaftasi dengan sekolah. selain itu mos juga bisa mengakrabkan antar sesama murid asal pelaksanaannya bisa berjalan sesuai ketentuan yang baik....ok mas menarik dan perlu dilaksanakan terus agar terjalin pendidikan mental yang baik untuk masa depan siswa.

    BalasHapus
  6. السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
    Maaf saya baru bisa berkunjung kesini Pak Uda. Teringat saya dulu waktu pertama masuk sekolah SLTP Jika mendengar kata MOS. Semoga mos sekolah jaman sekarang dengan masa saya sama sama bertujuan baik agar saling mengenal murid senior dan junior nya ya Pak. maaf komentar diatas saya hapus ada teks yang sedikit keliru.

    BalasHapus
  7. hahha..jadi ingat masa MOS dulu saya Pak uda..haaa

    BalasHapus