Mengenal Struktur Ginjal Manusia

Mengenal Struktur Ginjal Manusia

Mengenal struktur ginjal manusia – Ginjal merupakan salah satu organ tubuh manusia yang berperan penting dalam proses metabolisme tubuh. Mengeluarkan zat yang jumlahnya berlebihan dalam tubuh seperti vitamin, hormon obat-obatan yang terlarut dalam air. 


struktur,ginjal,manusia
Foto : Ilustrasi struktur ginjal manusia (viva.co.id)

Selain itu, ginjal berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan di luar sel dengan jalan mengeluarkan air jika berlebihan. Mempertahankan keseimbangan asam dan basa dalam tubuh.


Manusia memiliki sepasang ginjal berbentuk seperti biji kacang merah. Letaknya di dalam rongga perut bagian belakang, di sebelah kiri dan kanan tulang pinggang. Oleh sebab itu ginjal sering juga disebut buah pinggang.

Ginjal sebelah kanan sedikit lebih rendah dari ginjal kiri karena terdesak oleh organ hati.

Pada umumnya proses kerja pada ginjal berlangsung secara berurutan pada struktur yang ada pada ginjal. Darah yang disaring berawal dari nadi ginjal yang berasal dari pembuluh aorta.  

Darah ini selanjutnya akan mengalami proses penyaringan pada bagian-bagian ginjal. 


Secara garis besar, struktur ginjal manusia terbagi 2 bagian, yaitu kulit ginjal dan sumsum ginjal. Berikut akan dibahas satu per satu:

1.Kulit ginjal (korteks)

Kulit ginjal terdiri dari berjuta-juta sel yang disebut nefron. Setiap sel nefron terdiri atas bagian glomerolus tempat penyaringan zat-zat yang terlarut dalam darah. Zal hasil penyaringan diteruskan ke sumsum ginjal.

2.Sumsum ginjal (medula)

Sumsum ginjal berbentuk piramida yang terdiri dari pembuluh-pembuluh halus. Di dalam ini terangkut urine hasil penyaringan pada bagian glomerulus. 

Urine hasil penyaringan berupa; zat-zat sisa pembongkaran protein (urea, asam ureat, dan amoniak), zat warna empedu, garam dan zat-zat yang berlebihan dikonsumsi oleh manusia (vitamin C dan obat-obatan) serta hormon.

Demikianlah pembahasan mengenai stuktur umum ginjal manusia. Semoga bermanfaat terutama sekali bagi siswa yang sedang mempelajari sistem ekskresi pada ginjal manusia.

Posting Komentar