9 Tips Aman Bersepeda Motor Buat Siswa

9 Tips aman bersepeda motor buat siswa – Sepeda motor menjadi salah satu kendaraan yang praktis bagi siswa untuk pergi dan pulang sekolah. 

Tidak hanya di wilayah perkotaan, sepeda motor lebih populer digunakan siswa sebagai alat transportasi harian ke sekolah. Sebagai contoh dikemukakan penggunaan motor di daerah admin bertugas.

Hampir semua siswa menggunakan motor ke sekolah. Di areal parkir sekolah (SMP/MTs, SMU/SMK) selalu dipenuhi oleh kendaraan roda dua milik siswa. 

Maka tidak mengherankan jika jalan raya kabupaten menyerupai jalan utama di perkotaan. Pengguna jalan raya lebih banyak dari kalangan siswa yang hendak berangkat sekolah.

tips,bersepeda,motor

Namun sangat disayangkan, masih banyak siswa yang tidak peduli akan keselamatan bersepeda motor di jalan raya. Sering terjadi kecelakaan lalu lintas yang umumnya dinominasi oleh siswa. Bahkan tak jarang akibat kelalaian siswa menyebabkan nyawa melayang.

Oleh sebab itu siswa yang menggunakan motor ke sekolah perlu memperhatikan aturan bersepeda motor di jalan raya agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan. Berikut adalah tips bagaimana agar aman bersepeda motor bagi siswa:

1.Usahakan memakai helm

Pada umumnya siswa belum mengenakan helm. Usahakan menggunakan pelindung kepala tersebut dengan catatan gunakan helm standar. Simak kembali: Mengapa Siswa Perlu Pakai Helm?

2.Tidak perlu kebut-kebutan

Siswa tak perlu mengendarai sepeda motor dengan kecepatan tinggi. Apalagi dengan sengaja kebut-kebutan di jalan raya yang ramai. Oleh sebab itu usahakan berangkat sekolah lebih cepat agar tidak terlambat di sekolah.

3.Berhenti dan meminggirkan sepeda motor

Jika terpaksa menjawab panggilan telepon selluler, segera hentikan kendaraan di bagian pinggir jalan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

4.Menggunakan sepeda motor standar

Gunakan sepeda motor standar yang dilengkapi dengan kaca spion, lampu sein, klakson dan lain sebagainya.

5.Patuhi rambu-rambu lalu lintas

Mematuhi rambu-rambu lalu lintas sangat penting bagi siswa. Begitu pula mengikuti aturan berkendaraan sehingga dapat mencegah peristiwa yang merugikan diri sendiri maupun pengguna jalan raya lainnya. Jangan lupa baca: Mengapa Perlu Mematuhi Tertib berlalu Lintas?


6.Usahakan untuk memiliki SIM

Umumnya siswa tingkat menengah atas sudah dapat memiliki surat izin mengemudi (SIM). Syarat memiliki SIM berumur genap 17 tahun.

7.Tidak membonceng lebih dari satu orang

Agar sepeda motor tetap terjaga usahakan tidak membonceng penumpang lebih dari satu orang. Motor yang melebihi kapasitas bukannya mudah untuk dikendalikan. Justru semakin sulit untuk menjaga keseimbangan di tengah jalan raya yang ramai.

8.Parkir kendaraan di areal parkir

Sekolah sudah menyediakan areal parkir untuk siswa. Parkirlah kendaraan pada tempat yang disediakan oleh sekolah.

9.Melakukan pengamanan

Sepeda motor sudah dilengkapi dengan pengaman. Manfaatkan fasiulitas ini seperti kunci setang, jok motor, dan lain-lain.

Itulah 9 tips aman bagi siswa yang bersepeda motor ke sekolah. Semoga bermanfaat.

Saya hanyalah seorang guru non-profesional sekaligus blogger yang selalu berusaha belajar dan...belajar serta mengajar di dunia maya maupun alam nyata.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »