Tips Mempersiapkan Ujian Mid Semester

Tips ringan Mempersiapkan ujian mid semester – Ujian tengah semester atau mid semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016 untuk jenjang pendiudikan dasar dan menengah diperkirakan akan berlangsung minggu terakhir September atau minggu pertama oktober mendatang. 

Pelaksanaannya tidak persis bersamaan di seluruh Indonesia. Hal ini tergantung pada kalender akademik yang dikeluarkan oleh masing-masing Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.

Semua siswa harus berbenah diri menghadapi ujian mid semester tersebut. Ujian tengah semester ini tidak bisa dianggap enteng atau sepele. Justru ujian ini menentukan bobot nilai pada rapor hasil belajar siswa. 


tips,ujian,mid-semester

Bagaimana mempersiapkan ujian mid semester? Simak terus ulasan berikut ini!

1.Periksa kembali buku catatan pelajaran

Buku catatan pelajaran berperanan penting untuk mengulang pelajaran di rumah. Berisi kesimpulan atau inti sari materi pelajaran yang diterangkan guru di sekolah. Atau memuat ringkasan materi pelajaran yang diambil dari buku sumber masing-masing mata pelajaran.

Nah, apakah semua buku catatan pelajaran sudah lengkap? Selain itu isi buku catatan itu apakah tidak ada yang ketinggalan mencatatnya?  Jika ada yang belum lengkap masih ada waktu untuk membenahinya.

Jika buku catatan di dirapikan dan dirawat dengan baik sejak awal belajar, berarti siswa telah mempersiapkan dengan baik ujian mid semester.

2.Ketahui nilai ulangan harian

Sebelum ujian mid semester telah dilaksanakan satu atau dua kali ulangan harian (UH) untuk semua mata pelajaran. Apakah ulangan harian itu sudah tuntas atau belum? Jika masih ada yang belum tuntas, selesaikan persoalan ini secepat mungkin. Temui guru mata pelajaran bersangkutan.

3.Tingkatkan frekuensi belajar di rumah

Mungkin sebelum ini siswa hanya belajar sekian menit saja, atau jarang mengulang pelajaran di rumah. Mulai saat ini segera tingkatkan frekuensinya. Sebaliknya kurangi frekuensi waktu untuk bermain-main. Meninggalkan pekerjaan yang tidak ada hubungannnya dengan kegiatan belajar siswa.

4.Menjaga kondisi fisik dan psikis

Menjaga kondisi fisik agar tetap sehat sangat penting dilakukan oleh siswa. Ujian mid semester perlu dihadapi dengan baik. Sulit mengerjakan soal ujian jika kondisi tubuh tidak sehat. Gangguan flu saja saat ujian sudah pasti mengganggu konsentrasi dalam menjawab soal ujian. 

Oleh sebab itu, siswa perlu mengkonsumsi buah dan sayur yang cukup. Begitu pula cukup minum air putih. Tidur jangan terlalu larut malam. Olah raga rutin meskipun beberapa menit saja. 

Menjaga kondisi psikis tak kalah pentingnya dilakukan siswa. Soal ujian dapat dikerjakan dengan baik apabila konsentrasi dan pemikiran tidak sedang galau atau bebas dari berbagai permasalahan-permasalahan yang mengganggu pikiran.

5. Doa dan restu orang tua

Doa berperan penting untuk mencapai kesuksesan siswa. Oleh sebab itu selalu berdoa kepada Allah SWT seusai mengerjakan ibadah. Namun yang tak kalah penting juga adalah restu kedua orang tua. Doa dan restu kedua orang tua ikut menentukan langkah dan pekerjaan seorang anak.

Semoga pembahasan yang sederhana tentang  tips ringan mempersiapkan ujian mid semester ini bermanfaat untuk siswa, orang tua siswa dan pengunjung blog ini pada umumnya.

Share this :

13 Responses to "Tips Mempersiapkan Ujian Mid Semester"

  1. tips yang pernah aku coba waktu masih sekolah dulu hehehe yang penting minta do'a kepada orang tua ya mas uda :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mbah Ipah. Karena doa dan restu kedua orang tua ikut menentukan langkah anak untuk meraih keberhasilan...

      Hapus
    2. Tips nya akan saya berikan buat anak saya nih Pak yang masih duduk di bangku sekolah. terima kasih :-bd

      Hapus
  2. doa dan restu orang tua nyatanya sangat berpengaruh juga ya mas, kalo orang tua ngomong "kerja yang semangat ya" jadi bneran manjur juga loh mas, memang jadi rada semangat. tapi jangan lupa digiatkan belajar dan menghafalnya ya mas..

    BalasHapus
  3. dulu kalo mid semester selalu buka2 buku yg ada di kardus...maklum kadang suka lupa ama rumus...hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agak sama ya Mbak Dwi pengalamanya kaya saya dulu waktu masih sekolah

      Hapus
    2. ah yang bener? sukanya nyama-nyamain ajah huuuu.... :D

      Hapus
    3. saya mau buka2 yang laen aja

      Hapus
  4. Ini bukan tips ringan udah ..tapi tips jitu

    BalasHapus
  5. Tips yang Bermanfaat sekali itu mah Pak.. saya simpen di kantong dulu ya Pak matur nuwun :)

    BalasHapus
  6. Dengan menerapkan tips-tips yang sudah diuraikan di atas diharapkan ujian mid semester bisa dilalui dengan lancara, aman dan terkendali ya pak... hanya saja masih banyak dari para peserta didik yang masih menggunakan sistem kebut semalam, ketika mau ada ujian baru deh belajar, padahal akan lebih baik jika semua mata pelajaran setiap hari dibaca dan dipelajari kembali dirumah

    BalasHapus
  7. sekarang sudah menjelang ya uda?
    wah betul sekali jadinya mesti dipersiapkan bagi anak2 sekolah

    BalasHapus
  8. terimaksih pak tipsnya sangta manfaat

    BalasHapus