5 Cara Belajar Efektif dan Efisien

5 Cara belajar efektif dan efisien – Apapun pekerjaan yang dilakukan menuntut adanya prinsip efektivitas dan efisiensi. Pekerjaan yang dilakukan secara efektif dan efisien akan mengantarkan seseorang untuk mencapai hasil yang baik dan memuaskan. 

Prinsip efektivitas dan efisiensi sudah pasti memerlukan prosedur dan langkah-langkah tertentu.

Begitu pula halnya dengan aktivitas belajar siswa. Agar memperoleh hasil belajar atau prestasi belajar yang diinginkan perlu adanya prosedur dan langkah-langkah dalam kegiatan belajar. 

Faktanya, semua siswa bisa melakukan aktivitas belajar dengan baik. Hanya saja yang menguasai cara belajar yang efektif dan efisien akan meraih hasil belajar yang lebih baik.

cara,belajar,efektif

Bagaimana cara belajar yang efektif dan efisien? Berikut adalah beberapa cara alternatif yang mungkin dapat diterapkan oleh siswa:

1.Belajar pada waktu yang tepat

Aktivitas belajar membutuhkan konsentrasi sehingga mudah menyerap materi belajar. Ini berarti kegiatan belajar tidak bisa diselingi dengan kegiatan lain. Oleh sebab itu belajar di rumah dilakukan pada waktu yang memungkinkan untuk belajar. 

Cari waktu belajar yang membuat siswa bisa konsentrasi penuh. Biasanya setiap siswa mempunyai waktu berbeda dalam belajar.

2.Belajar dalam suasana nyaman

Tidak mungkin belajar pada suasana yang hiruk-pikuk. Oleh sebab itu ciptakan suasana dan kondisi belajar yang nyaman. Jika tidak memungkinkan belajar di rumah, coba cari tempat lain yang tenang dan nyaman. Misalnya di tempat yang rindang dan hawa sejuk. Bebas dari kebisingan.

3.Belajar dilengkapi bahan dan sumber belajar

Buku catatan sekolah perlu dilengkapi dengan buku sumber belajar yang relevan. Begitu pula gadget yang mempunyai koneksi internet dapat digunakan untuk mencari tahu sesuatu yang berkaitan dengan materi pelajaran.

4.Belajar secara rutin

Kebiasaan siswa adalah menumpuk atau menunda-nunda belajar sehingga materi pelajaran yang dipelajari menjadi banyak. Atau hanya belajar ketika ada ulangan di sekolah. Ini kebiasaan yang kurang baik dan bisa menimbulkan kemalasan untuk belajar. 

Sebaiknya biasakan belajar secara rutin walaupun hanya beberapa menit saja.

5.Belajar secara berkelompok

Belajar berkelompok lebih efektif daripada sendirian. Dengan berkelompok dapat saling berdiskusi atau bertukar pikiran mengenai bahan pelajaran yang didiskusikan. Selain itu dapat saling berbagi ilmu pengetahuan dengan anggota kelompoknya.

Demikianlah 5 cara belajar efektif dan efisien di rumah untuk meraih hasil belajar yang memuaskan. Selanjutnya baca juga: Cara Belajar yang Baik di Rumah

Share this :

0 Response to "5 Cara Belajar Efektif dan Efisien"

Poskan Komentar