6 Cara Ampuh Menjaga Kebugaran Otak Anak

Tips Menjaga kebugaran otak anak – Menjaga agar otak tetap sehat sudah sering dibahas di dunia nyata maupun maya. Cara yang lazim dilakukan untuk memelihara kesehatan organ otak adalah mengkonsumsi makanan dan minuman sehat. Selain itu juga melakukan olah raga teratur. Nah, bagaimana menjaga  agar otak, terutama otak anak usia sekolah tetap bugar?

Otak merupakan organ penting dalam aktivitas sehari-hari sehingga perlu mendapat perawatan istimewa. Masalah yang sering dialami oleh organ otak adalah terganggunya sel otak, depresi, stres sehingga fungsinya menurun. 
Baca : Mami Pengaruhi Kecerdasan Anak
Anak, terutama anak usia sekolah melakukan aktivitas belajar rutin. Tentu saja akan membutuhkan kebugaran luar biasa agar otak anak tidak mengalami gangguan, semisal stres. Otak yang segar bugar akan menunjang prestasi belajar anak di sekolah. Bagimana upaya yang dilakukan agar otak anak tetap bugar, berprestasi di sekolah ? Coba simak tips berikut ini:
Baca juga : 4 Makanan sehat untuk Prestasi Belajar Anak

Cara,menjaga,kebugaran otak

1.Berinteraksi dengan hal baru

Aktivitas anak begitu padat dengan kegiatan belajar, mengerjakan tugas di sekolah dan maupun rumah, akan menyebabkan otak mengalami kelelahan. Hal ini dapat dipulihkan dengan melakukan interaksi dengan hal baru, seperti; teman baru, buku dan tempat baru. Ini akan menjadikan otak lebih sehat dan bugar.

2.Komunikasi sosial yang sehat

Melakukan perbincangan menarik dan menyenangkan dengan teman atau orang baru di sekitar anak. Membaca buku atau berita baru menjadi makanan bagi otak anak. Begitu pula mengunjungi tempat baru dan menarik. Anak bisa diajak berkunjung ke taman kota atau rumah saudara sambil menikmati pemandangan di sekitarnya. Dalam ruangan baru akan menjadikan otak menjadi lebih produktif. Semua itu akan menjadikan otak anak lebih santai serta mudah menerima sesuatu yang baru.

3.Berpikir positif

Berpikir positif artinya berasumsi, berpraduga positif terhadap sesuatu. Selain itu kalimat atau ucapan-ucapan positif yang keluar dari mulut akan meningkatkan kesehatan maupun kebugaran otak anak. Kebiasaan berpikir yang baik terhadap sesuatu hal akan membuat otak anak lebih produktif.

4.Beribadah dan berdoa

Apa yang dilakukan anak setiap hari berpengaruh besar terhadap perkembangan otak anak. Misalnya, rajin beribadah wajib maupun sunat.  Berdoa setiap memulai kegiatan, termasuk memulai belajar di rumah maupun di sekolah. Ternyata hal ini tidak hanya menjadikan Anak dekat dengan sang Pencipta, namun juga menjadikan otak akan menjadi lebih tajam.

5.Lingkungan sosial yang sehat

Sulit disangkal kalau lingkungan sosial di sekitar anak berpengaruh terhadap kebugaran otak anak. Misalnya lingkungan pergaulan sosial sehat lagi ramah.  Lingkungan positif seperti ini akan membuat otak lebih produktif.

6.Interaksi media sosial

Ambil nilai positif dari sosial media yang ada pada internet. Misalnya, facebook dan twitter. Ini dapat dimanfaatkan untuk melakukan interaksi sosial dengan banyak orang. Segala sesuatu dapat dicurahkan dengan baik, saling bertukar pikiran, berbagi suka duka, atau membahas sesuatu yang penting seperti pelajaran di sekolah.
Tips seperti yang diuraikan di atas bukanlah harga mati namun masih dapat dikembangkan dan diperluas sesuai dengan kondisi maupun usia anak. Mudah-mudahan bermanfaat.

Saya hanyalah seorang guru non-profesional sekaligus blogger yang selalu berusaha belajar dan...belajar serta mengajar di dunia maya maupun alam nyata.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »