Tips Praktis Membiasakan Anak Menulis di Rumah

Tips Praktis Membiasakan Anak Menulis di Rumah

Tips membiasakan anak menulis di rumah – Sering para guru mengeluh atas kelemahan siswa dalam menulis. Banyak siswa yang mengalami masalah dalam membuat tulisan ketika ditugaskan oleh guru. Kelemahan ini disebabkan karena siswa tidak terbiasa menulis karangan atau menulis kreatif lainnya.

Memang, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini serta dinamika pembelajaran dalam dunia pendidikan. Mengharuskan anak untuk bisa menulis. Hal ini sebenarnya sudah diberikan oleh guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan mata pelajaran lainnya di sekolah.  

Namun demikian mengasah keterampilan anak dalam menulis, tidak bisa diserahkan saja pada guru di sekolah. Orang tua perlu membantu anak untuk terbiasa menulis di rumah. Ini tidak berarti orang tua harus mengajarkan bagaimana menulis. Dalam hal ini orang tua ikut mendorong kemauan anak untuk menulis. Dapat dilakukan orang tua saat memantau aktivitas belajar anak diu rumah. Simak juga: Mengembangkan Budaya Menulis Sejak Dini

kebiasaan,menulis,anak

Berikut adalah beberapa strategi dan langkah sederhana yang terangkum dalam tips membiasakan anak menulis di rumah:

1.Manfaatkan papan tulis kecil

Papan tulis kecil untuk anak barangkali harganya tidak terlalu mahal. Orang tua perlu menyediakan papan untuk latihan menulis, terutama anak usia sekolah dasar. Di papan inilah anak disuruh menuliskan sesuatu sesuai pikiran mereka. Atau hanya sekadar membuat gambar dan keterangannya sesuai dengan daya lkhayal anak. Selanjutnya dapat disimak: 5 Manfaat papan Tulis di Rumah

2.Sediakan buku tulis khusus

Menyediakan buku tulis spesial atau khusus untuk menjuli dan di taruh di rumah adalah langkah yang cukup berarti. Buku tulis ini hanya berisi tulisan anak berkaitan dengan kisah hidupnya atau diary. Ini sangat pas untuk anak sekolah menengah pertama. Cara ini akan melatih anak untuk terbiasa menulis sesuatu yang dilihat atau dipikirkannya.

3.Dampingi anak belajar

Mendampingi anak belajar di rumah bukan lagi hal baru bagi orang tua. Dengan cara ini orang tua dapat memantau kegiatan belajar anak di rumah. Tidak hanya membaca buku pelajaran, sekali-sekali dianjurkan juga untuk membuat tulisan.

4.Beri motivasi menulis

Motivasi penting artinya bagi anak untuk berlatih menulis di rumah. Misalnya, memberikan hadiah jika anak bisa membuat karangan satu halaman buku atau lebih. Bagus atau tidak yang dibuat anak tak usah dipersolkan. Yang penting anak bisa membuat karangan atau tulisan sebanyak yang dipersyaratkan orang tua.

5.Kaitkan dengan budaya membaca

Kebiasaan menulis erat kaitannya dengan budaya membaca bagi anak di rumah. Jika anak hobi membaca sebaiknya mulai dorong untuk menulis atau membuat karangan. Paling tidak menuliskan kembali apa yang telah dibaca anak.

Lima tips untuk orang tua di atas masih perlu diperluas sehingga anak terbiasa menulis di rumah. Mendorong anak untuk membiasakan anak menulis di rumah akan dapat meningkatkan kemauan dan kemampuan anak dalam menulis.

Posting Komentar