Resiko Kebiasaan Begadang Bagi Siswa

Resiko Kebiasaan Begadang Bagi Siswa

Resiko kebiasaan begadang bagi siswa – Begadang merupakan sebuah kebiasaan dimana tidur sampai larut malam bahkan dinihari. Kebiasaan ini akan berdampak buruk terhadap kesehatan tubuh seseorang.

Ada berbagai alasan mengapa orang begadang. Menonton siaran televisi, melakukan ronda, bermain, dan keperluan lain yang harus dilakukan. Kadang-kadang begadang tak dapat dihindari. Misalnya ketika ada tetangga atau keluarga yang melaksanakan pesta pernikahan dan acara lainnya.

Bagi siswa, begadang biasanya dilakukan untuk mengerjakan tugas rumah (PR), belajar untuk menghadapi ulangan, menonton siaran televisi, bermain game dan lain sebagainya. Tentunya kebiasaan ini berpengaruh terhadap kesehatan fisik maupun kesegaran psikis siswa. Sekurang-kurangnya ada 5 resiko kebiasaan begadang bagi siswa:

resiko,siswa,begadang

1.Ngantuk saat belajar

Siswa yang begadang malam hari sudah pasti akan ngantuk keesokan harinya di sekolah. Kalau belajar selalu menguap dan ingin tidur. Keberadaan siswa hanya sekadar menghindari satus alpa di buku presensi guru atau piket harian.

2.Konsentrasi belajar terganggu

Dalam kondisi ngantuk dan ingin tidur sudah pasti tidak bisa memusatkan perhatian pada pelajaran yang sedang dipelajari. Selain itu siswa akan mudah lupa dan sukar menyerap materi pelajaran.

3.Nampak letih dan lesu

Begadang akan menguras energi tubuh. Selain itu akan membuat siswa masuk angin sehingga sering merasa mual. Siswa yang begadang akan Kekurangan energi dan terlihat letih dan lesu.

4.Daya tahan tubuh menurun

Kebiasaan begadang akan membuat daya tahan tubuh siswa menurun. Siswa akan mudah terserang penyakit atau sering sakit-sakitan. Yang lazim terjadi akibat begadang adalah sering merasa sakit kepala, perut sering mual dan badan terasa lemah.

5.Mengganggu suasana hati

Siswa yang suka begadang sering menunjukkan suasana hati yang tidak nyaman. Pikiran tidak tenang, hati tidak tentram. Kondisi ini akan mendorong siswa untuk mudah marah dan mudah tersinggung kepada temannya.

Mengingat dampak kebiasaan begadang, sebaiknya siswa mengurangi kebiasaanya untuk tidur terlalu larut malam. Tidak memaksakan mengerjakan tugas rumah sampai larut malam, atau belajar untuk menghadapi ulangan. Itu semua akan beresiko buruk terhadap proses belajar di sekolah sehingga hasil belajar kurang memuaskan.

Posting Komentar