Resiko Kebiasaan Begadang Bagi Siswa

Resiko kebiasaan begadang bagi siswa – Begadang merupakan sebuah kebiasaan dimana tidur sampai larut malam bahkan dinihari. Kebiasaan ini akan berdampak buruk terhadap kesehatan tubuh seseorang.

Ada berbagai alasan mengapa orang begadang. Menonton siaran televisi, melakukan ronda, bermain, dan keperluan lain yang harus dilakukan. Kadang-kadang begadang tak dapat dihindari. Misalnya ketika ada tetangga atau keluarga yang melaksanakan pesta pernikahan dan acara lainnya.

Bagi siswa, begadang biasanya dilakukan untuk mengerjakan tugas rumah (PR), belajar untuk menghadapi ulangan, menonton siaran televisi, bermain game dan lain sebagainya. Tentunya kebiasaan ini berpengaruh terhadap kesehatan fisik maupun kesegaran psikis siswa. Sekurang-kurangnya ada 5 resiko kebiasaan begadang bagi siswa:

resiko,siswa,begadang

1.Ngantuk saat belajar

Siswa yang begadang malam hari sudah pasti akan ngantuk keesokan harinya di sekolah. Kalau belajar selalu menguap dan ingin tidur. Keberadaan siswa hanya sekadar menghindari satus alpa di buku presensi guru atau piket harian.

2.Konsentrasi belajar terganggu

Dalam kondisi ngantuk dan ingin tidur sudah pasti tidak bisa memusatkan perhatian pada pelajaran yang sedang dipelajari. Selain itu siswa akan mudah lupa dan sukar menyerap materi pelajaran.

3.Nampak letih dan lesu

Begadang akan menguras energi tubuh. Selain itu akan membuat siswa masuk angin sehingga sering merasa mual. Siswa yang begadang akan Kekurangan energi dan terlihat letih dan lesu.

4.Daya tahan tubuh menurun

Kebiasaan begadang akan membuat daya tahan tubuh siswa menurun. Siswa akan mudah terserang penyakit atau sering sakit-sakitan. Yang lazim terjadi akibat begadang adalah sering merasa sakit kepala, perut sering mual dan badan terasa lemah.

5.Mengganggu suasana hati

Siswa yang suka begadang sering menunjukkan suasana hati yang tidak nyaman. Pikiran tidak tenang, hati tidak tentram. Kondisi ini akan mendorong siswa untuk mudah marah dan mudah tersinggung kepada temannya.


Mengingat dampak kebiasaan begadang, sebaiknya siswa mengurangi kebiasaanya untuk tidur terlalu larut malam. Tidak memaksakan mengerjakan tugas rumah sampai larut malam, atau belajar untuk menghadapi ulangan. Itu semua akan beresiko buruk terhadap proses belajar di sekolah sehingga hasil belajar kurang memuaskan.

Share this :

11 Responses to "Resiko Kebiasaan Begadang Bagi Siswa"

  1. siswa memang sebaiknya jangan sampai begadang ya pak, tapi mau gimana lagi saya liat adik saya aja pulangnya sore terus bahkan sampai maghrib pak.saran saya sih sekolah jangan terlalu lama, karena namanya siswa pasti dapet tugas, nah kalo ada tugas pan akhirnya begadang ngerjainnya.kalo bisa belajar sesingkat mungkin sampai jam 12 siang tapi guru harus bisa efektf memanfaatkan waktu ya pak.jadi siswa tak perlu begadang buat ngerjain tugas.itu hanya saran saya sih pak soalnya saya kasihan juga sama adik saya kalo sekolah pulangnya sore terus..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, satu sisi kita maklumi mas Hendri. Kurikulum sekarang memang padat materi dan banyak tugas buat siswa. Saya juga tidak ngerti mengapa sampai seperti ini.

      Namun di sisi lain, kita kasihan juga dengan siswa... Itu makannya, saya sendiri tidak terlalu membebani anak dengan dengan tugas. Yang saya anjurkan selalu hanya membaca, agar siswa tidak lupa membaca, misalnya materi ini dari halaman sekian sampai sekian...

      Hapus
    2. saya rasa dengan membaca memang sangat efektif sekali pak, dan mendengarkan guru yang sedang menjelaskan materi juga efektif, itu juga kayanya sudah cukup, mungkin maksud guru memberikan banyak tugas karena agar semua siswa bisa dan mampu mengerjakannya dan menguasai m,ateri yang telah diberikan oleh guru, maksudnya sih memang sangat baik juga..

      Hapus
  2. ini bner semua pak ....
    dlu sy sempet ngalami juga ,,,hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentu saja begadangnya untuk hal-hal positif ya mas?

      Hapus
  3. Dampak dari ke 5 tersebut juga sering di rasakan oleh seseorang yang sudah bekerja, ketika asik begadang keesokan harinya bekerja menjadi ngantuk dan bekerja pun menjadi tidak konsentrasi akhirnya pekerjaan sedikit terbengkalai. Ada baiknya juga yang sering melakukan aktivitas di pagi hari sampai sore hari tidur lebih awal agar pas bangun pagi fresh kembali :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, benar juga ya mbak? Saya sendiri pun sering begadang untuk menulis dan ngeblog.

      Hapus
    2. sama persis kayak saya pak, gimana lagi cuma ini yang bisa saya lakukan untuk menyambung hidup dan menafkahi keluarga, asal begadang demi kebaikan saya rasa itu baik, apalagi kalau yai saya bilang, begadang banyak manfaatnya jika digunakan untuk kebaikan, seperti contoh untuk sholat malam dan berdzikir,

      Hapus
  4. ampun deh kalau dalam masa belajar sering begadang, bisa dipastikan tidak akan baik untuk tubuh dan juga pasti proses belajar akan menurun drastis, kalau begadang belajar sih masih bagusan pak, daripada begadang keluyuran yang gak jelas, hati-hati ya pemuda generasi bangsa

    BalasHapus
  5. Kalau siswa sebaiknya jangan suka begdang ya gan karena harys berangkat besok pagi nya, kalau mau begadang harus pas hari libur saja

    BalasHapus