Cara Ampuh Menjadi Juara Kelas

Cara ampuh menjadi juara kelas – Siswa yang meraih nilai rapor tertinggi di kelas sudah pasti akan keluar sebagai juara kelas. Semua siswa di kelas berpeluang untuk meraih nilai tertinggi. Jika dalam kelas dihuni oleh 32 siswa maka akan terjadi persaingan ketat untuk merebut posisi terbaik, juara kelas.

Tidak mudah memang untuk meraih satu posisi nilai tertinggi di kelas. Hanya siswa yang memiliki motivasi berprestasi dan keunggulan belajar yang memiliki peluang untuk merebut juara kelas. Bagaimana agar unggul dalam belajar? Coba ikuti tips berikut ini:

1.Menyenangi semua mata pelajaran

Agar meraih hasil belajar yang terbaik untuk semua mata pelajaran maka harus disenangi semua mata pelajaran yang ada. Menyenangi mata pelajaran berarti juga menyenangi gurunya. Ikuti aturan dan disiplin belajar dengan setiap guru.
  
cara,juara,kelas

2.Rajin mengulang pelajaran

Pelajaran yang sudah dicatat dan dipahami di sekolah segera diulang kembali di rumah agar benar-benar paham dan ingat. Kalau ada PR segera kerjakan PR dengan senang hati.

3.Menguasai cara belajar yang efektif

Cara belajar efektif adalah cara belajar yang tepat. Siswa perlu mengetahui bagaimana cara belajar yang tepat sehingga dapat meraih hasil yang baik ketika ada ulangan di sekolah. Ketahui cara belajar yang baik di sekolah maupun di rumah.

4.Aktif dalam kegiatan belajar

Aktif dalam belajar ditandai dengan menjawab pertanyaan guru atau mengajukan pertanyaan kepada guru. Siswa yang aktif akan menjadi catatan dan nilai tambah tersendiri di hati guru.

5.Menjaga kesehatan jasmani dan rohani

Menjaga kesehatan berarti menciptakan kondisi agar tubuh tetap sehat dan semangat belajar. Oleh sebab itu jangan lupa berolah raga setiap hari meskkipun itu hanya beberapa menit saja sebelum berangkat sekolah atau pulang sekolah.

Selain itu siswa perlu mengkonsumsi makanan seimbang. Cukup nutrisi berupa karbohidrat dan protein serta mineral dan vitamin yang bersumber dari buah dan sayur. Kemudian minum air putih yang cukup untuk mencegah dehidrasi.

6.Membagi waktu

Membagi waktu dalam hal ini tidak hanya antara belajar dan bermain. Melainkan juga terampil membagi waktu untuk mempelajari dan mengulang mata pelajaran tertentu di rumah. Misalnya untuk pelajaran bersifat eksakta mempunyai porsi waktu lebih dibanding dengan pelajaran bersifat sosial dan budaya.

7.Sarapan pagi

Sarapan pagi sangat penting artinya untuk memulai aktivitas belajar di sekolah. Kegiatan belajar akan membutuhkan energi tubuh dan otak yang cukup banyak. Oleh sebab itu, sarapan pagi akan memenuhi kebutuhan energi tersebut.

8.Berdoa dan beribadah


Ini adalah kunci dan pematri semua cara yang dilakukan di atas. Berdoa sehabis melaksanakan ibadah maupun sebelum memulai kegiatan belajar. Berdoa dengan sungguh-sungguh kemudian memulai sesuatu dengan niat agar dikabulkan oleh Allah SWT.

Share this :

0 Response to "Cara Ampuh Menjadi Juara Kelas"

Poskan Komentar