Keteladanan, Kunci Pendidikan Anak di Lingkungan Keluarga

Keteladanan kunci pendidikan anak di lingkungan keluarga – Keluarga merupakan lembaga pendidikan non formal peletak pondasi pendidikan anak. Pondasi akhlak dan budi pekerti kuat akan membentengi anak dari pengaruh negatif lingkungan pergaulan sosial. Tentunya hal ini menjadi bekal anak untuk bergaul di lingkungan di luar keluarga. 

Pondasi sikap dan perilaku positif yang kokoh akan lebih menguntungkan jika anak melanjutkan pendidikan ke lembaga formal. Tugas lembaga sekolah tidak menjadi lebih berat jika anak sudah dibekali pondasi sikap dan moral di lingkungan keluarga.


kunci pendidikan,pendidikan anak,keteladanan

Dapat dikatakan, sulit berharap lebih banyak pada lembaga sekolah jika dasar akhlak dan budi pekerti tidak kokoh ditanamkan pada anak di lingkungan keluarga. Anak akan mudah terkontaminasi pengaruh negatif pergaulan sosial, di lingkungan masyarakat maupun sekolah sekalipun.

Contoh dan keteladanan

Orang tua memegang peranan penting dalam pembentukan karakter anak di lingkungan keluarga. Peran orangtua mendidik anak, bukan hanya semata memberikan doktrin dan pengajaran belaka. Lebih dari itu adalah menunjukkan contoh nyata dan keteladanan.

Ini cukup beralasan. Anak lebih murah meniru atau mencontoh kebiasaan unik, baik atau buruk yang ditunjukkan orangtuanya. 

Anak akan meniru perilaku positif orangtua tanpa disuruh dan penuh kesadaran, jika perilaku tersebut dianggapnya baik dan menguntungkan. Apalagi jika orangtua menyuruh anak melakukan sesuatu yang baik, maka anak akan rela melakukannya. 

Mengapa? Anak telah melihat sendiri orang tuanya melakukan hal itu dan memang sangat baik dan menguntungkan.

Anak dapat saja membantah atau enggan mendengar saran ataupun suruhan orangtuanya. Orangtua menyuruh anaknya shalat, rajin menggali ilmu pengetahuan, misalnya. Dan itu pasti suruhan yang baik bagi anak. 

Tanpa diberikan contoh dan teladan, akan sulit bagi anak melakukan yang baik itu jika orangtuanya jarang melakukannya.

Dapat disimpulkan bahwa keteladan orang tua memang menjadi kunci utama dalam proses pendidikan anak di lingkungan keluarga. Ini sekaligus menjadi bukti nyata, bagaimana wujud perhatian orangtua terhadap anak dalam matra pendidikan moral dan budi pekerti.

Share this :

0 Response to "Keteladanan, Kunci Pendidikan Anak di Lingkungan Keluarga"

Poskan Komentar