Tempat Curhat Paling Baik Bagi Anak

Tempat curhat paling baik bagi anak – Siapakah tempat curhat paling baik bagi anak? Jawabannya diyakini akan beragam sesuai pengalaman masing-masing anak. Mereka bisa curhat pada teman akrab, pacar, dan orang lain yang sangat percaya.

Akan tetapi perlu diingat bahwa mengutamakan curhat pada orang disebutkan di atas cukup beresiko. Perubahan bukan mustahil terjadi dalam hubungan komunikasi sosial. 

Suatu saat, persahabatan yang akrab bisa berubah menjadi renggang. Pacaran bisa putus. Orang lain yang mungkin sangat dipercaya bisa jadi akan membelot.

Tidak ada jaminan bahwa suatu masalah, atau hal buruk yang pernah diceritakan pada orang lain akan tersimpan rapi. Dulu bersahabat dengan baik namun akhirnya persahabatan itu retak. 


tempat curhat,curhat,anak dan orangtua

Tidak ada jaminan kalau sahabat tersebut tidak akan membuka rahasia atau cerita buruk kepada orang lain.

Ini bukan berarti, teman akrab tidak baik dijadikan tempat curhat. Begitu pula sang pacar atau orang lain yang  dipercayai. Namun ada tempat curhat yang paling baik dari yang baik. Siapakah itu? Tentu saja kedua orang tua Anda sendiri. Kenapa?

Orangtua adalah orang paling dekat dan tempat berbagi masalah dengan anak. Keluhan dan masalah yang hadapi bisa ditumpahkan pada orang tua meskipun tidak semuanya. Orangtua mana yang mau membongkar rahasia anaknya kepada orang lain? 

Bagaimana pun orangtua selalu menjaga nama baik anaknya. Meskipun jelek sekalipun pasti ditutupi oleh orangtuanya.

Di sisi lain, sesungguhnya orangtua berkeinginan agar anak menjadi tempat curhat yang paling aman dan nyaman. Mengadukan segala keluh kesah dan masalah yang dihadapi anaknya. 

Namun kadang-kadang harapan itu tidak terwujud. Anak lebih cenderung untuk curhat pada temannya atau orang terdekat lainnya.

Ini menjadi sesuatu tantangan bagi orangtua, bagaimana supaya anak-anak bisa berkeluh kesah dan menceritakan masalah pada orangtua. 

Kedekatan dan perhatian orangtua terhadap anak, boleh jadi sebagai kunci utama dalam mewujudkan keinginan orangtua.

Saya hanyalah seorang guru non-profesional sekaligus blogger yang selalu berusaha belajar dan...belajar serta mengajar di dunia maya maupun alam nyata.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »