4 Cara Mudah Menata Tempat Duduk Siswa

4 Cara mudah menata tempat duduk siswa – Kelas merupakan sebuah ruangan dengan ukuran tertentu sebagai tempat berlangsungnya proses belajar dan mengajar. Penataan ruang kelas yang baik akan berpengaruh terhadap kelancaran proses belajar siswa dan proses guru mengajar.

Kondisi ruang kelas yang tertata dengan baik akan meningkatkan hasil belajar siswa.  Alasan ini cukup masuk akal. Mobiler kelas yang tertata dengan rapi akan membuat siswa merasa nyaman belajar atau berada di dalam kelas. 

Begitu pula halnya dengan guru, merasa betah berada dalam kelas untuk mengajar dan menghadapi siswa. Ini menjadi kondisi awal yang bagus untuk memacu kualitas pendidikan di sekolah.

Untuk menata ruang kelas agar nyaman, terutama mobiler dan tempat duduk siswa, dapat dilakukan hal-hal berikut ini:

cara,menata,tempat duduk,siswa

1.Pengaturan meja dan kursi siswa

Ruang kelas terdiri dari beberapa unit mobiler, seperti meja tulis dan kursi tempat duduk siswa. Unit meja dan kursi siswa tersedia  di dalam ruang kelas sebanyak jumlah siswa. Namun demikian, sebaiknya disediakan satu atau dua unit meja dan kursi cadangan.

Mobiler ini disusun dengan rapi di bagian belakang ruang kelas. Jika ada meja atau kursi yang rusak, siswa tidak perlu lagi mencari-cari kursi dan meja ke kantor majelis guru. Kemudian meja dan kursi yang tidak bisa dipakai lagi sebaiknya dikeluarkan dan di pindahkan ke gudang sekolah.

2.Formasi tempat duduk siswa

Susunan tempat duduk siswa lazimnya berbentuk persegi panjang, tergantung ukuran ruang kelas. Disusun secara horizontal dan vertikal. Namun susunan seperti ini dapat dimodifikasi sesuai kreativitas guru wali kelas. 

Dengan membuat formasi yang bervariasi akan dapat mengubah suasana di ruang kelas. Misalnya, sesekali menyusun tempat duduk siswa dengan membentuk pola huruf U, meja bundar, dan lain sebagainya. Cara ini akan bernilai guna dalam meningkatkan gairah belajar siswa.

3.Penempatan siswa di ruang kelas

Siswa yang bertubuh kecil atau pendek ditempatkan pada barisan terdepan sehingga tidak menghalangi siswa bagian belakang untuk melihat ke papan tulis. Kecuali siswa yang mengalami gangguan penglihatan. Meskipun bertubuh tinggi atau besar, tetap ditempatkan pada barisan terdepan.  Sebaiknya ditempatkan di bagian kiri atau kanan ruang kelas.

4.Perawatan meja dan kursi siswa

Fisik meja dan kursi siswa perlu dijaga ketahanannya agar tidak cepat rusak atau goyah ketika diduduki oleh siswa. Hal ini dilakukan supaya tidak mengganggu konsentrasi belajar siswa. 

Selain itu juga perlu dirawat dari coretan tinta, kapur dan alat tulis lainnya agar terlihat tetap bersih. Jika ingin lebih bagus tampilan meja tulis siswa di runag kelas, mungkin perlu dialas dengan kertas berwarna yang dilapisi plastik kaca.  

Itulah 4 cara yang dilakukan untuk menata tempat duduk siswa di ruang kelas agar proses belajar dan mengajar berjalan lancar dan hasil belajar siswa dapat ditingkatkan. Semoga.

Share this :

0 Response to "4 Cara Mudah Menata Tempat Duduk Siswa"

Poskan Komentar