Cara Menentukan Masa Jenis Zat

Cara Menentukan Masa Jenis Zat

banner
Cara menentukan masa jenis zat – Massa jenis (р) atau kerapatan suatu zat adalah perbandingan antara massa dengan volume zat tersebut. Kerapatan zat tidak tergantung pada bentuk dan ukurannya. Oleh sebab itu, benda yang mempunyai bentuk teratur maupun tidak teratur dapat ditentukan massa jenisnya.

Untuk menentukan massa jenis suatu zat perlu diketahui massa zat tersebut dengan alat ukur neraca. Sedangkan volume zat dapat ditentukan dengan cara mengukur panjang, lebar dan tinggi benda menggunakan mistar. Jika benda yang hendak diukur volumenya memiliki bentuk yang tidak beraturan, maka digunakan gelas berpancuran dan gelas ukur. Simak kembali: Cara Mudah Menentukan Volume Benda

Soal IPA Fisika yang berkaitan dengan cara menentukan massa jenis zat seperti contoh berikut ini:

cara,menentukan,massa jenis

Perhatikan gambar!

Sebuah logam yang tidak beraturan bentuknya mempunyai massanya 237 gram dicelupkan ke dalam gelas berpancuran berisi air. Massa jenis logam tersebut adalah...

A.7.9 gram/cm³
B. 6.9 gram/cm³
C. 5.9 gram/cm³
D. 4.9 gram/cm³

Pembahasan:
Volume logam adalah volume air yang dipindahkan ke gelas ukur yaitu  30 mL atau 30 cm³. Jika massa logam  237 gram, maka massa jenis (р) logam dapat ditentukan dengan persamaan  Р = m / v dimana Р = rho, massa jenis zat, m = massa zat dan v = volume zat sehingga:

Р = m / v
   =237 gram/30 cm³
   =7,9 gram/ cm³

Kunci jawaban:
A  (7,9 gram/ cm³)

Melengkapi soal latihan ini, ada baiknya simak juga : Mengenal Proses Terjadinya Arus induksi

Advertisement banner
banner

Your Reactions:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.