Cara Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa

Cara meningkatkan disiplin belajar siswa – Aktivitas belajar siswa di ruang kelas memerlukan aturan dan tata tertetib tertentu. Hal ini dikenal juga dengan istilah disiplin belajar siswa. 

Disiplin belajar siswa perlu dirumuskan, diinformasikan dan diterapkan selama pembelajaran berlangsung di ruang kelas.

Dengan pengaturan belajar seperti ini, aktivitas belajar siswa menjadi lancar dan menyenangkan. Hasil belajar akan memuaskan; dimiliki dan dirasakan sebagai sesuatu yang bermakna bagi siswa.

cara,meningkatkan,disiplin belajar

Aktivitas belajar siswa di ruang kelas tidak berjalan dengan sendirinya. Pada saat siswa beraktivitas belajar maka saat itu pula berlangsung aktivitas mengajar

Dua aktivitas berlangsung sekaligus dalam waktu dan ruang yang sama. Inilah yang dikenal dengan istilah proses belajar dan mengajar (PBM).

Disiplin belajar dan mengajar

Aktivitas mengajar juga memerlukan pengaturan tertentu yang tertuang dalam prosedur dan proses mengajar. Kepiawaian guru dalam menjalankan aktivitas mengajar akan menetukan bagaimana aktivitas belajar siswa.

Rilnya, disiplin mengajar yang diterapkan guru akan berpengaruh pada disiplin belajar siswa di ruang kelas. Ini persoalan mendasar yang perlu dipahami oleh semua guru. Lemahnya disiplin mengajar menyebabkan longgarnya disiplin belajar siswa.

Bagaimana guru dapat meningkatkan disiplin belajar siswa di ruang kelas? Tentu saja jawabannya adalah meningkatkan disiplin mengajar.  Untuk meningkatkan disiplin mengajar perlu dibuat, ditetapkan dan diterapkan serangkaian aturan dan tata tertib mengajar.

Disiplin waktu belajar

Alokasi waktu dalam sekali pertemuan perlu dibagi menjadi beberapa sesi, mulai dari tahap pendahuluan, kegiatan inti dan evaluasi. Evaluasi terhadap proses belajar yang telah dijalani siswa.

Pengaturan seperti ini perlu diberitahu kepada siswa sehingga mereka mengetahui dan terlibat dalam setiap proses dan langkah belajar yang harus dijalani dalam sekali pertemuan.

Regulasi belajar

Disiplin belajar siswa di ruang kelas sangat ditentukan oleh bagaimana guru membuat dan menerapkan regulasi dalam pembelajaran. Pengaturan belajar ini diketahui dan dipatuhi oleh siswa.

Hal sederhana namun penting diterapkan selama belajar antara lain;

a.Izin meninggalkan kelas sewaktu pelajaran berlangsung

Regulasi ini bertujuan menghindari siswa yang keluar masuk kelas saat pelajaran berlangsung. Siswa yang seenaknya minta izin meninggalkan atau kembali ke kelas dapat mengganggu proses belajar. 

Konsentrasi belajar siswa yang lain akan terganggu. 

b.Bertanya dan menjawab pertanyaan

Mengajukan pertanyaan secara bergantian dengan mengacungkan tangan terlebih dulu. Begitu pula dalam menjawab pertanyaan yang diajukan guru. Jangan menjawab pertanyaan secara serempak karena akan menimbulkan suara gaduh.

c.Mengerjakan tugas di sekolah

Tugas di sekolah biasanya berbentuk soal latihan. Bagi guru hal ini berfungsi sebagai evaluasi terhadap proses belajar. Tugas ini harus dikerjakan siswa agar guru dapat mengevaluasi sejauh mana penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.

d.Kebersihan dan kerapian kelas

Kelas harus bersih dan terbebas dari sampah atau debu sebelum memulai pelajaran. Kebersihan kelas saat belajar akan mempengaruhi mood siswa dalam belajar. Suasana hati siswa akan bagus jika suasana ruangan kelas bersih. 

Kelas harus bersih dan nyaman waktu belajar. Meja dan kursi harus rapi. Ini berkaitan dengan penataan kelas dalam belajar.

e.Berpakaian dan berpenampilan

Regulasi berpakaian dan berpenampilan bertujuan agar selama belajar siswa tetap berpakaian rapi dan berpenampilan seperti anak sekolah. 

Kerapian dan penampilan siswa akan membuat suasana belajar menjadi menyenangkan siswa maupun guru selama berada di dalam kelas.

Disiplin belajar dan mengajar yang ditetapkan dan dijalankan akan menentukan bagaimana kualitas proses pembelajaran yang berlangsung di kelas. Muaranya adalah prestasi belajar yang memuaskan. 

Share this :

0 Response to "Cara Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa"

Poskan Komentar