Pentingnya Perangkat Mengajar Aplikabel

Pentingnya perangkat mengajar aplikabel – Sesungguhnya saat ini guru tak perlu repot lagi untuk membuat perangkat mengajar. Mengapa demikian?

Sudah banyak disediakan perangkat mengajar yang sudah jadi. Guru hanya tinggal download perangkat mengajar yang bagus di internet. Atau fotokopi perangkat mengajar yang digunakan sekolah lain.

Selain itu perangkat mengajar buatan KKG atau MGMP juga sudah bagus. Selanjutnya guru hanya tinggal mengedit  atau menyesuaikan identitas awal dan di akhir dari dokumen perangkat mengajar tersebut.

Berkaitan dengan adopsi perangkat mengajar, cukup banyak hal aneh dan lucu yang terjadi. Misalnya, guru lupa mengganti bagian identitas dan bagian akhir sebuah dokumen perangkat mengajar.

perangkat,mengajar,pembelajaran

Akibatnya identitas sekolah tempat mengajar berbeda dengan identitas sekolah yang ada di dokumen mengajar. Begitu pula nama kepala sekolah yang menandatangani dokumen tersebut.

Cara-cara tersebut di atas dilakukan jika hanya sekadar melengkapi persyaratan administrasi mengajar. Atau sekadar menyiapkan bukti fisik kalau guru telah melaksanakan perencanaan dan persiapan sebelum mengajar.

Masalahnya, apakah perangkat mengajar yang diadopsi itu dapat diterapkan (aplikabel) di sekolah tempat bertugas?

Seperti diketahui, setiap sekolah pasti berbeda satu sama lainnya. Salah satunya adalah sarana dan prasarana pembelajaran. Ada sekolah yang memiliki fasilitas dan sarana belajar yang memadai, sementara sekolah lain tidak demikian.

Perangkat mengajar yang baik

Perangkat mengajar yang baik dan aplikabel tentulah perangkat mengajar yang dirancang sendiri oleh guru. Perangkat mengajar seperti ini akan dapat diterapkan karena memang disusun sesuai kondisi sekolah tempat bertugas.

Dalam menyusun dokumen perangkat pembelajaran yang aplikabel, guru perlu mempertimbangkan banyak hal. Yang utama sekali adalah situasi dan kondisi sekolah tempat bertugas.

Kemampuan peserta didik, media dan alat peraga, perlu diperhitungkan dalam menyusun perangkat mengajar agar dapat diterapkan. Inilah yang dikenal dengan strategi menyusun perangkat mengajar.

Pertimbangan inilah yang akan mewarnai corak perangkat mengajar yang dibuat guru. Sehingga antara satu sekolah dengan sekolah lain akan berbeda coraknya meskipun struktur penyusunannya sama.

Terapan skenario perangkat mengajar

Pada hakikatnya, proses pembelajaran yang berlangsung di ruang kelas adalah skenario yang ditulis secara garis besar dalam perangkat mengajar. 

Dalam hal ini adalah dokumen rencana pembelajaran (RP). Dokumen ini dibuat untuk satu atau beberapa kali pertemuan tatap muka.

Materi pelajaran yang disusun dalam RPP sesuai dengan bahan ajar. Dengan demikian menyusun bahan ajar menjadi lebih mudah. Materi yang dianggap sulit dan komplek dapat dibuat menjadi lebih sederhana sehingga mudah dipahami siswa.

Muaranya adalah ketuntasan belajar siswa pada konsep/pokok bahasan tertentu. Disinilah pentingnya menyusun sebuah dokumen pembelajaran yang aplikabel sehingga fungsi perangkat mengajar itu sendiri terpenuhi.

Share this :

0 Response to "Pentingnya Perangkat Mengajar Aplikabel"

Poskan Komentar