Pemanfaatan Internet Sebagai Media Belajar

Memanfaatkan internet sebagai media belajar – Dewasa ini media dan sumber belajar semakin tanpa batas. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang informasi telah memperluas media untuk memperoleh ilmu pengetahuan.

Filosofi ‘alam tarkembang jadikan guru’ benar-benar menjadi sebuah fenomena nyata dalam kehidupan manusia sehari-hari. Orang begitu mudah memperoleh informasi yang dibutuhkan. Paling anyar adalah media jaringan internet yang menyediakan sumber belajar tanpa batas.

A.Media pembelajaran internet

Pembelajaran di sekolah tidak hanya mengandalkan guru sebagai sumber informasi satu-satunya. Begitu pula buku pelajaran dan lingkungan sekitarnya. Internet menjadi media belajar paling praktis untuk melengkapi semua media dan sumber belajar yang sudah ada.

memanfaatkan,internet,media belajar

Guru dan siswa lebih cepat memperoleh informasi yang dibutuhkan untuk keperluan belajar dan pembelajaran. Fasilitas jaringan internet di sekolah, warung internet (warnet), gadget (seluler, notebook, dan tablet) adalah wahana akses informasi yang paling penting dalam pemanfaatan media internet dalam pembelajaran.

Masalahnya sekarang, apakah para pendidik dan peserta didik benar-benar memanfaatkan semua sumber belajar itu dengan baik. Dengan kata lain, memanfaatkan media internet secara efektif dalam menunjang proses pembelajaran.

B.Tugas rumah melalui internet

Sering timbul pertanyaan tentang tugas rumah yang bersumber melalui internet. Ada sebagian orangtua merasa ragu ketika guru memberi pekerjaan rumah dengan sumber materi dari internet.

Memang, para guru sering menugaskan siswa untuk membuat tugas rumah dengan bersumber pada internet. Itu boleh saja. Namun yang perlu diingatkan adalah fasilitas internet tidak hanya di warung internet (warnet).

Fasilitas internet juga ada di sekolah bahkan gadget yang dimiliki siswa. Jika dua fasilitas itu belum memungkinkan, siswa boleh saja pergi ke warnet. Siswa perlu mematuhi ketentuan di warnet yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah setempat.

Misalnya, jika anak pergi ke warnet untuk mengakses informasi harus didampingi orangtua. Begitu pula ketentuan waktu berkunjung ke warnet di kalangan pelajar. Nah, siswa perlu memperhatikan peraturan berkunjung ke warnet pada waktu jam belajar siang maupun malam hari.

C.Akses internet melalui gadget

Berdasar pengamatan dan analisa emperis, siswa berprestasi di sekolah cenderung memanfaatkan gadget sebagai media belajar mandiri di rumah. Mereka sering memperoleh tambahan informasi belajar dengan cara berselancar di internet menggunakan mobile atau seluler, tablet, komputer personal, dan perangkat lainnya.

Jika guru menugasi siswa membuat tugas rumah tertulis atau laporan ilmiah, mereka cenderung menggunakan gadget yang dimiliki. Untuk mencetak berkas tugas, siswa pergi ke percetakan terdekat dari rumah. Namun ada juga orang tua yang sudah menyediakan fasilitas printer pribadi di rumah. 

Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa media internet menjadi sumber belajar yang cukup efektif bagi siswa maupun guru. Namun penggunaan media tersebut perlu mempertimbangkan ketentuan agar tidak menyimpang dari tujuan semula.

Share this :

0 Response to "Pemanfaatan Internet Sebagai Media Belajar"

Poskan Komentar