Pengaruh Teknologi dalam Kehidupan Sosial

Pengaruh teknologi dalam kehidupan sosial - Di era serba canggih dan moderen ini, banyak kita temukan kasus perubahan sosial dalam kehidupan bermasyarakat yang disebabkan oleh produk teknologi.

Televisi merupakan salah satu pesawat audio-visual populer hasil teknologi yang telah mempengaruhi kehidupan sosial masyarakat. Seperti yang sudah kita ketahuidampak peningkatan kepemilikan televisi oleh masyarakat, dapat menyebabkan perubahan hubungan sosial terhadap masyarakat yang bersangkutan. Perubahan tersebut tidak hanya bagi anak-anak tetapi juga terjadi pada orang dewasa.

Pengaruh siaran televisi sering membuat anak lalai.  Misalnya, meninggalkan pelajaran mengaji dan malas mengulang pelajaran di rumah. Mereka lebih suka melihat siaran televisi sampai larut malam.

pesawat televisi,produk teknologi

Akibatnya, sebagaimana diceritakan oleh para guru, banyak peserta didik yang berperilaku menyimpang. Misalnya, bolos belajar, mengantuk di kelas dan mengalami kemunduran dalam belajar.

Dikalangan orang dewasa, terutama di daerah perkotaan ditemukan pula sesuatu gejala bahwa televisi dapat menyebabkan orang lebih betah di rumah. Hal ini menyebabkan semakin berkurangnya kebutuhan untuk mencari hiburan dan informasi di luar rumah.

anak,siaran televisi

Komunikasi dan interaksi sosial dengan masyarakat sekitarnya semakin berkurang. Begitu banyaknya saluran televisi dan menariknya siaran yang ditayangkan telah membuat orang tidak lagi sering berkunjung atau ngobrol dengan tetangga.

Anggota suatu komunitas menjadi asing satu sama lainnya. Hal ini dapat kita lihat dilingkungan kelas menengah, di kompleks-kompleks perumahan elite dan mewah di kota-kota besar.

Bagaimana di daerah pedesaan? Mungkin terjadi sedikit perbedaan dimana masyarakat masih berkesempatan untuk membangun interaksi sosial. Orang sering bertemu dan menjalin silaturahmi satu sama lainnaya. Mengapa?

Belum semua keluarga yang memiliki pesawat televisi. Biasanya di pedesaan televisi hanya dimiliki oleh beberapa orang kaya atau yang terpandang. Mereka yang tidak memiliki pesawat televisi berkumpul menyaksikan siaran televisi di rumah yang memiliki pesawat televisi.

Hal itu dapat meningkatkan hubungan antara pemilik televisi dan masyarakat sekitar serta sesama pemirsa televisi. Kemudian terbentuklah semacam kelompok baru masyarakat, yaitu pemirsa televisi.

Memang, kemajuan dan penggunaan produk teknologi seperti halnya pesawat televisi dan proses modernisasi telah membawa perubahan besar terhadap kehidupan sosial masyarakat. (*Penulis : Hadi Rahim)

Share this :

0 Response to "Pengaruh Teknologi dalam Kehidupan Sosial"

Poskan Komentar