Apa Itu Hasil Belajar Siswa

Apa itu hasil belajar siswa – Apa itu hasil belajar? Hasil belajar merupakan prestasi yanng dicapai seseorang setelah mengikuti proses belajar mengajar. Prayitno (1973:35) menyatakan ”Hasil belajar yaitu sesuatu yang diperoleh, dikuasai atau merupakan hasil dari adanya proses belajar”.

Tujuan akhir dari proses belajar mengajar adalah meningkatkan kualitas hasil belajar. Winkel (1983:16) mengemukakan, kualitas hasil pendidikan bukanlah masalah yang berdiri sendiri tetapi berkaitan erat dengan beberapa faktor seperti : faktor yang bersifat psikologis, non psikologis, situasional, sistem pendidikan dan faktor latar belakang status sosial ekonomi orang tua.

pengertian,hasil,belajar

Seseorang dikatakan telah berhasil dalam belajar apabila telah terjadi perubahan tingkah laku dalam dirinya dan perubahan ini terjadi karena pelatihan dan pengalaman. Perubahan ini dapat berupa suatu hasil yang baru atau penyempurnaan terhadap hasil yang telah diperoleh.

Secara psikologis, seseorang butuh mengetahui sudah sampai sejauh mana ia berhasil mencapai tujuannya. Masalah kebutuhan psikologis akan pengetahuannya mengenai hasil usaha yang telah dilakukannya dapat ditinjau dari dua sisi, yaitu dari segi anak didik dan dari segi pendidik. 
Untuk mengetahui apakah siswa telah belajar dapat dilihat dari penampilan hasil belajar yang diperolehnya setelah mengikuti proses belajar. Oleh sebab itu diadakan evaluasi diakhir pembelajaran untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa setelah mengikuti proses belajar mengajar dan mengerjakan tugas. Hasil belajar diukur melalui tes atau penilaian hasil belajar.
Penilaian hasil belajar itu bertujuan untuk menilai berbagai pengetahuan kemampuan, kebiasaan dan keterampilan serta sikap siswa selama waktu tertentu. Hasil belajar siswa dapat diketahui dengan memberikan tes hasil belajar dan dapat diketahui dalam bentuk angka dan huruf.
Semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi untuk kedepannya. (*Penulis: Hadi Rahim)

Share this :

0 Response to "Apa Itu Hasil Belajar Siswa"

Poskan Komentar