8 Fenomena Fisika Listrik Statis dalam Kehidupan Sehari-hari

8 Fenomena fisika listrik statis dalam kehidupan sehari-hari – Kehidupan sehari-hari selalu ditandai dengan berbagai peristiwa atau gejala yang menarik perhatian. Hal ini sesuai dengan motto bahwa ‘fisika itu ada dimana-mana dan kapan saja’. Benar juga kalau kenyataannya ilmu fisika itu sesungguhnya sangat dekat dengan kehidupan keseharian.

Jika siswa atau orang banyak beranggapan bahwa fisika itu sulit sungguh kurang beralasan. Yang terjadi sebenarnya adalah siswa kurang menguasai ‘roh’-nya ilmu fisika. Meskipun fisika itu ada di sekitar kita maka fisika itu akan dianggap sulit.

fenomen fisika,listrik statis

Banyak fenomena atau gejala fisika yang menarik perhatian jika seseorang mau menguasai ‘roh’-nya ilmu fisika. Dalam matra fisika listrik statis, tanpa disadari sesungguhnya kita berhadapan dengan fisika listrik statis setiap hari.
Baca: Fenomena Fisika Sehari-hari
Berikut 7 fenomena menarik tentang listrik statis dalam kehidupan sehari-hari:

   1.    Ketika menyisir rambut yang kering dengan sisir plastik akan menimbulkan bunyi gemerisik halus. Jika sisir itu didekatkan pada potongan kertas kecil, sisir plastik akan dapat menarik potongan kertas tersebut.

    2.    Tatkala memasukkan tangan ke dalam plastik yang sedang terlipat maka tangan terasa disentuh duri. Bulu tangan terasa ditarik oleh plastik.

   3.    Dekatkan punggung tangan pada layar kaca televisi setelah memadamkan televisi. Punggung tangan terasa bagai disetrum oleh layar kaca televisi tersebut.

    4.    Pakaian dari bahan tetoron yang telah disetrika akan menimbulkan bunyi gemeretak. Jika didekatkan punggung tangan akan menyebabkan bulu tangan terasa ditarik oleh pakaian tersebut.

     5.    Saat membakar ranting kayu yang kering kadang-kadang terdengar letupan-letupan kecil. Ranting yang terbakar kadang-kadang terlempar kesana kemari setelah terdengar bunyi letupan.

    6.    Sewaktu membakar ujung rokok kretek dengan korek api sering terjadi letupan dari ujung rokok yang terbakar dan sering abunya terlempar. Kadang-kadang abu yang mengandung api tersebut mengenai pakaian atau tangan si perokok.

   7.    Peristiwa terjadi petir akibat pergerakan muatan listrik di udara sehingga terjadi loncatan bunga api litrik.

     8.    Penangkal petir bekerja berdasar pengaliran muatan listrik menuju bumi.

Untung melengkapi bacaan ini anda dapat menyimak artikel berikut ini:

Itulah 8 fenomena fisika listrik statis yang menarik dalam kehidupan keseharian kita. Semoga dapat menambah khazanah pengetahuan kita semua.  

Share this :

0 Response to "8 Fenomena Fisika Listrik Statis dalam Kehidupan Sehari-hari"

Poskan Komentar