Pengertian Belajar dan Prestasi Belajar

Pengertian belajar dan prestasi belajar - Dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia dari WJS. Poerwodarminto yang dimaksud dengan prestasi adalah hasil yang telah dicapai dari suatu aktifitas yang dilakukan oleh individu atau kelompok ( WJS. Poerwodarminto, 1983 )

Definisi belajar dari berbagai pakar pendidikan pada dasarnya memiliki pengertian yang sama. Menurut Dr. Singgih D. Gunarsa, belajar adalah suatu perubahan baik yang meliputi keseluruhan tingkah laku maupun yang hanya terjadi pada beberapa aspek saja dalam diri pribadinya. ( Singgih Gunarso,1984 )

Menurut Dr. Oemar Hamalik, ada dua pengertian tentang belajar yang didasarkan pada pandangan tradisional dan pandangan modern. Belajar menurut pandangan tradisional adalah usaha untuk memperoleh sejumlah pengetahuan. Pengetahuan dalam hal ini adalah kekuasaan. Sedang pengertian belajar menurut pandangan modern adalah proses perubahan tingkah laku berkat interaksi dengan lingkungan. ( Oemar Hamalik,1986 )

pengertian,belajar,prestasi

Menurut Sumadi Surya Brata dalam bukunya ’Psikologi Pendidikan’ memberi batasan pengertian prestasi belajar adalah hasil belajar terakhir yang dicapai sebaik–baiknya dalam jangka waktu tertentu di sekolah”.( Sumardi , 1978 )


# Media pembelajaran

Menurut Santoso S Hamidjojo yang dikutip dalam bukunya Kasurjanto menyatakan media adalah semua bentuk perantara yang dipakai orang penyebar idea sehingga gagasan itu sampai pada penerima. ( Kasurijanto, 1989 ) Sedangkan menurut Dr. Oemar Hamalik bahwa yang dimaksud dengan media pendidikan adalah alat, metode dan tehnik yang digunakan dalam rangka lebih mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara guru dan siswa dalam proses pendidikan dan pengajaran di sekolah. (Oemar Hamalik, 1986 )
 Baca juga : Pemanfaatan Internet Sebagai Bedia Belajar
Dari dua pendapat tersebut dapat penulis ambil kesimpulan bahwa yang dimaksud dengan media pembelajaran adalah suatu alat, metode dan tehnik yang dapat menyampaikan pesan dan mampu menarik minat siswa sehingga dapat mendorong untuk menerima pesan yang disampaikan guru dalam proses belajar mengajar untu mencapai tujuan.

Penggunaan media yang sebaik–baiknya dapat memungkinkan siswa untuk belajar dengan lebih baik dan mampu mendorong siswa untuk menerima pesan–pesan berupa materi pelajaran yang disampaikan guru.

Dr. Oemar Hamalik mengidentifikasikan ciri–ciri media pembelajaran adalah:

a.   Suatu benda yang dapat diraba, dilihat, didengar dan yang dapat diamati melalui panca indera
b.   Sebagai penghubung dalam pengajaran antara guru dengan siswa
c.   Semacam alat bantu belajar mengajar baik dalam kelas maupun di luar kelas
d.   Sebagai alat dan sebagai tehnik yang erat hubungannya dengan metode mengajar.
Itulah pengertian belajar dan prestasi belajar menurut para ahli pendidikan dan kaitannya dengan media pembelajaran. Semoga bermanfaat. (*Penulis : Hadi Rahim)

Share this :

0 Response to "Pengertian Belajar dan Prestasi Belajar"

Poskan Komentar