Energi Listrik Terpakai dan Rekening Listrik

Energi listrik terpakai dan rekening listrik – Pengguna listrik akan mengeluarkan sejumlah biaya rekening listrik setiap bulan. Apa sesungguhnya yang dibayar oleh pelanggan melalui rekening listrik tersebut?

Ketika mengeluarkan sejumlah uang di loket pembayaran rekening listrik, sebenarnya yang dibayar adalah jumlah energi listrik terpakai oleh semua peralatan menggunakan arus listrik. Selain dari energi listrik terpakai masih adakah yang lainnya yang perlu dikeluarkan oleh pelanggan? Simak terus artikel ini sampai tuntas.

Peralatan listrik yang ada di rumah akan memakai energi listrik berbeda-beda. Besarnya energi listrik terpakai oleh alat-alat listrik tergantung pada daya maupun lamanya pemakaian peralatan listrik.

energi listrik,rekening,alat listrik

Semakin besar daya alat listrik semakin besar pula energi listrik terpakai. Begitu pula lamanya pemakaian alat listrik. Semakin lama waktu pemakaian semakin besar energi listrik terpakai oleh alat listrik tersebut.

#Pengubah energi listrik

Energi tidak dapat diciptakan manusia secara langsung. Namun energi tersebut dapat diubah bentuknya menjadi bentuk lain melalui perlatan tertentu. Hal ini sesuai dengan hukum kekekalan energi.
Misalnya kipas angin. Alat ini mengubah bentuk energi listrik menjadi kinetik (gerak). Motor pada komponen kipas angin digerakkan oleh energi listrik sehingga dapat memutar baling-baling kipas angin.

Peralatan listrik lainnya yang menggunakan energi listrik adalah lampu penerangan, blender, mesin pompa air, setrika listrik dan lain sebagainya. Beberapa lampu penerangan di rumah akan mengubah energi listrik menjadi energi panas dan energi cahaya.

Blender akan mengubah energi listrik menjadi gerak. Begitu pula mesin pompa air. Sedangkan setrika listrik akan mengubah energi listrik menjadi panas pada bagian elemen pemanas.

#Rekening listrik

Akumulasi pemakaian energi listrik oleh alat-alat pengubah bentuk energi tersebut tertuang dalam nota tagihan rekening listrik yang harus dibayar setiap bulan. Di samping itu pelanggan listrik juga harus membayar biaya administrasi serta pajak penerangan jalan (PPJ).
Demikianlah sekilas pembahasan tentang energi listrik terpakai oleh peralatan listrik di rumah tangga dikaitkan dengan tagihan rekening listrik.

0 Response to "Energi Listrik Terpakai dan Rekening Listrik "

Posting Komentar