Orangtua Menjadi Pendidik Paling Profesional

Orangtua menjadi pendidik paling profesional - Sesungguhnya orangtua adalah pendidik paling profesional di lingkungan keluarga. Hal ini sangat memungkinkan karena tugas orangtua dalam pendidikan keluarga bersifat tunggal yaitu sebagai pendidik. Orangtua menjadi pondasi awal pendidikan karakter di lingkungan keluarga.

Pondasi karakter yang kokoh yang ditanamkan kedua orangtua di lingkungan keluarga akan mempengaruhi pengembangan karakter anak di lembaga sekolah. Sebaliknya akan membuat pihak sekolah menjadi pusing tujuh keliling untuk mengembangkan karakter positif pada siswa. 
  
Orangtua memang tidak mengajar anak di rumah, sebagaimana lazimnya guru di sekolah. Orangtua membimbing anak dalam hal sikap dan tingkah laku. Sebagai pendidik profesional, kedua orangtua akan membimbing anak-anaknya bersikap dan bertingkah laku yang baik. Dan ini bukan diajarkan di rumah, melainkan ditanamkan melalui keteladanan sikap dan tingkah laku pendidik paling profesional tersebut. 


orangtua,pendidik,profesional


Anak justru lebih dekat dan lebih banyak waktu bergaul bersama orangtua. Dengan demikian anak lebih mudah meniru sikap dan karakter orangtua. Maka tidaklah mengherankan, jika ada anak yang mengidolakan ayah atau ibu sebagai sosok yang dikagumi dan ditauladani. 

Meskipun kondisi ini sudah langka, namun membuktikan bahwa kharisma orangtua kadang-kadang lebih tinggi ketimbang guru di sekolah. Atau lebih hebat dari karakter tokoh orangtua yang mereka tonton pada sinetron.

Jika demikian, penanaman karakter positif lebih potensial di lingkungan keluarga dibandingkan lingkungan lainnya. Hal ini menjadi jembatan emas bagi pendidik profesional di lingkungan keluarga untuk membangun nilai-nilai positif pada diri anak.

0 Response to "Orangtua Menjadi Pendidik Paling Profesional"

Posting Komentar