Lepaskan Dahaga Ilmu Pengetahuan dengan Membaca

Lepaskan Dahaga Ilmu Pengetahuan dengan Membaca

Lepaskan dahaga ilmu pengetahuan dengan membaca – Membaca konon menjadi kebutuhan pokok ke sepuluh bagi seseorang dalam hidupnya. Begitu pentingnya kegiatan membaca sehingga tiada hari tanpa membaca.

Mengapa penting kegiatan membaca? Membaca termasuk upaya pemenuhan kebutuhan otak. Di tengah perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, beribu-ribu informasi dapat diakses oleh setiap orang. Informasi tersebut menjadi ‘minuman menyegarkan’ bagi otak dan kecerdasan seseorang.

Tidak mengherankan jika seseorang merasa ‘haus’ tanpa melakukan kegiatan membaca dalam sehari. Rasa dahaga yang tak mungkin tergantikan oleh minuman sesegar atau semanis apapun.

membaca,ilmu pengetahuan,haus ilmu

Dahaga akan ilmu pengetahuan termasuk tanpa batas.  Semakin banyak memperoleh informasi dan pengetahuan, orang tidak pernah merasa kembung. Justru semakin banyak mengkonsumsi informasi dan pengetahuan orang semakin banyak merasakan kekurangan ilmu pengetahuan.

Masalah yang sering muncul ke permukaan adalah rendahnya minat seseorang untuk membaca. Orang tidak merasa apa-apa jika tidak membaca. Orang merasa tidak sadar kalau ia kekurangan ilmu pengetahuan. Pendek kata, membaca tidak menjadi kebutuhan pokok sehingga mereka sering ketinggalan informasi tentang dunia terkini.
Rendahnya minat baca karena memang tidak dibiasakan membaca sejak dini. Kegemaran membaca tidak berkembang baik sejak kecil. Akibatnya manfaat membaca belum disadari dan dirasakan oleh orang tersebut.

Apa hubungan ilmu pengetahuan dengan membaca?
Membaca itu ibarat jendela ilmu pengetahuan. Buku adalah gudangnya ilmu pengetahuan. Begitu pemikikiran orang sebelum era internet berkembang.

Pemenuhan kebutuhan  kehausan ilmu pengetahuan dilakukan dengan membaca. Baik yang bersumber dari buku maupun berusmber dari internet. .Membaca berkaitan dengan kegemaran/budaya, kecepatan membaca. Selain itu ketersediaan sumber bacaan juga menentukan pemenuhan kebutuhan membaca.

Ada beberapa poin penting berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan membaca seseorang:

1.Manfaat membaca

Haus ilmu pengetahuan bagi seszeorang berawal dari kesadaran akan pentingnya ilmu pengetahuan dalam hidup. Dengan ilmu pengetahuan hidup menjadi lebih mudah. Ilmu pengetahuan membantu seseorang dalam mengatasi masalah berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

Kegiatan membaca juga akan memenuhi sebagian kebutuhan rohani seseorang. Dengan banyak membaca orang menjadi tahu dan menyadari apa manfaat membaca dalam hidup sehari-hari.

2.Kecepatan membaca

Banyak sumber bacaan yang dapat dimanfaatkan guna memenuhi kebutuhan akan membaca. Dengan begitu banyaknya sumber bacaan sedangkan waktu untuk membaca semakin dirasakan terbatas.
Maka perhatian orang ditujukan bagaimana mempercepat kegiatan membaca namun dapat menangkap isi bacaan. Berupaya bagaimana membaca lebih efektif dan efisien.

3.Budaya/kebiasaan membaca

Membaca juga menyangkut kebiasaan atau budaya yang dimulai sejak dini di libngkungan keluarga. Tanpa upaya orangtua membiasakan anak membaca sejak dini cukup rumit kiranya menjadikan membaca sebagai kebutuhan hidup.

4.Sumber bacaan

Yang tak kalah penting adalah pemenuhan kebutuhan membaca dengan menyediakan sumber bacaan. Banyak bertebaran sumber bacaan, baik melalui buku , majalah/tabloid maupun media internet. Yang terakhir ini sangat mudah diakses oleh seseorang. Penggunaan gadget tidak dibatasi oleh dimensi tempat maupun waktu.

5.Motivasi membaca

Kemauan untuk membaca menjadi salah satu faktor penting dalam memenuhi kebutuhan akan membaca. Orang yang membutuhkan sesuatu akan termotivasi untuk memenuhi kebutuhan tersebut secara optimal. Begitu pula kebutuhan akan ilmu pengetahuan melalui aktivitas membaca. Orang akan termotivasi untuk menyediakan waktu setiap hari untuk membaca.
Baca juga : Manfaat Membaca yang Perlu Kamu Ketahui
Membaca menjadi kebutuhan yang perlu dipenuhi dalam hidup sehari-hari. Dengan demikian, dahaga akan ilmu pengetahuan akan terpenuhi dengan aktivitas membaca dalam kehidupan sehari-hari.

Posting Komentar