Pendidikan Komputer dan Internet di Sekolah

Pendidikan komputer dan internet di sekolah – Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) telah diterapkan dalam kurikulum nasional di sekolah sejak beberapa tahun terakhir.

Hal ini tidak terlepas dari landasan penyusunan kurikulum pendidikan yang disesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kurikulum pendidikan harus mampu menjembatani perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

pendidikan,sekolah,komputer,internet

Seperti dirasakan saat ini, produk teknologi bidang informasi dan komunikasi telah merambah ke segala lini kehidupan manusia di muka bumi, termasuk Indonesia. Berbagai informasi dari berbagai belahan bumi berseliweran setiap detik dan dapat diakses dengan mudah oleh siapapun. Ini akan membuat bumi ini seolah-olah menjadi kecil. Dan ini juga yang dikenal dengan era globalisasi informasi.

Agar tidak tertinggal oleh perkembangan informasi maka pendidikan di lembaga sekolah perlu memuat kurikulum yang mampu menyesuaikan diri dengan segala informasi tersebut kepada peserta didik.

TIK pada umumnya memberikan wawasan kepada peserta didik tentang produk teknologi berupa komputer, laptop, perangkat seluler dan berbagai gadget lainnya. Selain itu juga dikenalkan masalah jaringan dan internet.

Media internet paling mudah diakses oleh peserta didik. Tidak hanya melalui komputer pribadi, namun juga bisa melalui jaringan komputer di warnet (warung internet). Yang lebih praktis lagi adalah melalui media seluler seperti handphone, tablet dan gadget lainnya.

Tuntutan pembelajaran TIK adalah tersedianya laboratorium komputer. Ruang laboratorium komputer dilengkapi dengan unit komputer atau laptop, minimal 30 unit. Fasilitas ini akan lebih bermakna jika dilengkapi dengan jaringan internet. Tentunya yang tak kalah pentingnya adalah jaringan listrik yang memadai ke ruang laboratorium komputer.

Jika unit komputer dan jaringan memadai di suatu sekolah maka ujian nasional berbasis komputer (UNBK) akan dapat dilaksanakan di sekolah tersebut. Pendidikan komputer dan internet merupakan langkah awal yang bagus untuk melaksanakan UNBK bagi sekolah tersebut.

Akan tetapi langkah awal ini perlu ditindaklanjuti dengan serius oleh pemerintah terutama kelengkapan unit komputer di sekolah. Membebani orangtua siswa untuk melengkapi unit komputer di sekolah untuk saat ini belumlah tepat.

0 Response to "Pendidikan Komputer dan Internet di Sekolah"

Posting Komentar