Teknik Pelaksanaan Kegiatan Seminar Laporan PTK Guru

Teknik pelaksanaan kegiatan seminar laporan ptk guru – Ketika guru telah melaksanakan kegiatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Kemudian menyusun laporan kegiatan tersebut dalam bentuk karya tulis ilmiah. Sudah selesaikan tugas guru sampai disana?

Jawabannya, sudah selesai jika tujuan utama guru melaksanakan kegiatan PTK dan menyusun laporannya, semata-mata hanya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.
Tugas guru belum berakhir jika dokumen laporan kegiatan PTK diajukan untuk memperoleh angka kredit bahan usul kenaikan pangkat/jabatan. Tugas guru selanjutnya adalah mempublikasikan laporan kegiatan PTK tersebut.

Publikasi laporan PTK Guru dapat dilakukan melalui media cetak; surat kabar, majalah, buletin atau jurnal ilmiah.

#Seminar laporan PTK guru

Jika tidak memungkinkan publikasi dengan cara tersebut, laporan kegiatan PTK dapat didiskusikan melalui kegiatan tatap muka. Kegiatan tatap muka yang paling populer adalah seminar ilmiah.

Laporan kegiatan PTK guru dibahas dan didiskusikan melalui kegiatan seminar bersifat ilmiah. Seminar ilmiah akan bermanfaat untuk semua pihak. Tidak hanya bagi penyaji/pemrasaran dan panitia seminar, melainkan juga bagi peserta seminar.

Manfaat utama adalah menambah pengetahuan dan wawasan guru sehingga berimbas pada peningkatan profesionalisme guru. Selain itu, kegiatan seminar ilmiah juga bermanfaat untuk pengajuan usul kenaikan pangkat guru.

Penyaji, panitia dan peserta seminar ilmiah berhak mendapat bukti fisik berupa piagam atau surat keterangan. Bukti fisik ini kelak dapat dijadikan dokumen bahan usul kenaikan pangkat untuk memperoleh angka kredit jabatan guru.
Seminar laporan PTK guru terdiri dari tahap-tahap berikut ini:

#Persiapan Seminar PTK

Bagi penyaji/pemrasaran dalam kegiatan seminar, persiapan matang perlu dilakukan. Apa saja persiapan penting sebelum mengadakan seminar?

1)Tempat dan waktu seminar
Bagi guru, sekurang-kurangnya seminar laporan kegiatan PTK diadakan di sekolah masing-masing guru bertugas. Guru calon penyaji perlu mempertimbangkan tempat dan waktu yang tepat sehingga tidak menggangu proses pembelajaran di sekolah. Selain dari itu juga dipertimbangkan guru peserta seminar yang akan diundang memungkinkan untuk menghadiri kegiatan seminar.

2).Perangkat seminar
Perangkat seminar adalah unsur-unsur yang harus ada dalam seminar sehingga kegiatan seminar berjalan dengan baik. Unsur-unsur ini bekerja menurut tugasnya masing-masing. Yang termasuk perangkat seminar adalah moderator, penyaji, notulis/sekretaris dan peserta seminar.

a.Moderator
Moderator adalah unsur yang mengatur jalannya seminar dari awal sampai akhir. Lallu lintas pembicaraan selama seminar diatur oleh moderator.

b.Penyaji/pemrasaran
Penyaji adalah guru yang menyampaikan atau memaparkan laporan hasil kegiatan PTK. Penyaji juga akan menjawab segala pertanyaan yang diajukan oleh peserta diskusi.

c.Notulis/sekretaris
Notulis atau sekretaris adalah unsur yang mencatat segala sesuatu selama kegiatan seminar berlangsung. Terakhir adalah menyimpulkan hasil diskusi tentang topik PTK yang diseminarkan.

d).Peserta seminar
Peserta seminar adalah audiens dari kegiatan seminar. Peserta seminar akan membaca dokumen tertulis penyaji, mengajukan pertanyaan/saran maupun kritikan selama seminar.

3.Administrasi seminar
Administrasi kegiatan seminar antara lain surat undangan seminar, panitia kegiatan seminar, surat izin PTK, berita acara seminar. Notulen laporan seminar, Dll

4.Sarana penunjang
Kelancaran seminar tak lepas dari sarana penunjang seperti proyektor, slide materi seminar, media audio/video.

#Pelaksanaan kegiatan seminar PTK guru

Agar pelaksanaan kegiatan seminar berjalan lancar, tata tertib dan susunan acara disusun sedemikian rupa. Biasanya susunan acara pelaksanaan kegiatan seminar laporan PTK terdiri dari :

a.Pembukaan kegiatan seminar oleh moderator
b.Kata pengantar dari kepala sekolah
c.Pemamaparan laporan PTK oleh guru penyaji
d.Diskusi dan tanya jawab dengan peserta seminar
b.Pembacaan kesimpulan oleh notulis
c.Penutup
Baca juga : Strategi Agar Laporan PTK Guru Diterima Tim Penilai
Demikian pembahasan seputar strategi pelaksanaan kegiatan seminar laporan PTK guru. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Teknik Pelaksanaan Kegiatan Seminar Laporan PTK Guru"

Posting Komentar